beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Kisah Nabela Noor, Influencer yang Mengubah Stereotip ‘Cantik’

Suci Nabila Azzahra,
14 Juli 2022 20.48.00 | Waktu baca 4 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kisah Nabela Noor, Influencer yang Mengubah Stereotip ‘Cantik’
Image: Nabela Noor (Foto: instagram @Nabela)

Jakarta - Nabela Noor bukan sembarang influencer. Dia adalah Youtuber sekaligus selebgram dengan followers lebih dari 2,3 juta akun. Nabela Noor bukan vlogger kecantikan pada umumnya. 

Saat beraktivitas di dunia maya, Nabela Noor menghadirkan tutorial kecantikan, mode, dan gaya hidup. Nah yang membuat beda, Nabela meramunya dengan konsep do it yourself (DIY). Dibanding vlogger kecantikan lain, dia memang tampil beda dengan ukuran tubuh plus atau plus-sized.

Perbedaan tersebut justru membuat Noor yang berusia 28 tahun pada 4 Agustus 2022 itu terlihat unik. Gadis keturunan Bangladesh-Amerika Serikat ini mampu mendobrak stereotip kecantikan di masyarakat. Tidak heran jika Noor kemudian menjelma menjadi sosok yang memiliki banyak penggemar. Bahkan, dia banyak bekerja sama dengan berbagai merek kecantikan terkenal dan sempat berlenggak-lenggok di New York Fashion Week.

Melansir Pop Sugar pada Rabu (13/7), selain memberikan informasi seputar kecantikan dan perawatan wajah atau tubuh, video yang diunggah Noor selalu memberikan beberapa informasi tentang kepercayaan diri. Dia juga tidak sungkan menceritakan kehidupan pribadi, seperti pernikahannya dengan lelaki asal Amerika Serikat, Seth Martin, pada 2015.

Tahun lalu dia berhasil masuk ke E.L.F.Program Beautyscape Influencer Cosmetics di New Orleans. Dia menjadi pembicara utama dan menginspirasi seluruh ruangan yang terdiri dari puluhan peserta dari seluruh dunia. Dia membawa pesan khusus tentang makna “perubahan”. Perubahan yang dimaksud adalah memastikan industri kecantikan belajar bagaimana meningkatkan dan memberdayakan wanita dengan ukuran tubuh plus.

Selain itu, Noor memastikan semua orang dari berbagai latar belakang ras dan ukuran tubuh terwakili. Melalui videonya, dia juga ingin mematahkan gagasan jika orang kulit berwarna tidak bisa menghasilkan uang.

“(Film) Black Panther membuktikan itu salah. Saya suka melihat orang-orang kulit berwarna menang dan membawa penonton dan menunjukkan kepada orang-orang,” katanya. 

Perkenalan Noor dengan video YouTube dimulai secara tidak sengaja. Saat hubungan asmaranya kandas dengan seorang bernama Liam. Saat itulah dia mulai menonton video YouTube. Noor secara resmi menjadi YouTuber pada November 2013. Dia memulai saluran YouTube yang menggunakan namanya sendiri.

“Aku tidak melihat seorang gadis sepertiku di Disney Channel,” jelas Nabela Noor. “Di ABC Family, atau apa pun, saya tidak melihat saya terwakili. Saya membuat saluran itu karena saya ingin orang lain yang tidak melihat diri mereka, melihat diri saya, mudah-mudahan atau setidaknya melihat diri mereka, agak terwakili melalui pekerjaan saya,” tuturnya, dikutip Allure.

Hampir lima tahun kemudian, Noor memiliki hampir setengah juta pelanggan. Kanal YouTube-nya mencakup gaya hidup dan kecantikan. Dia mengulas produk kecantikan, kehidupannya sebagai wanita muslim-Amerika berukuran plus dan membuat tutorial make up . 

“Saya berpikir, betapa asyiknya jika gadis-gadis lain memiliki referensi riasan untuk kulit kita. Saya pikir penting bagi wanita berukuran besar untuk diwakili secara adil dan cantik. Tidak dijadikan candaan dan tidak dianggap buruk atau jelek, tetapi untuk dirayakan. Ketika kita tidak melihat diri kita di iklan-iklan itu, bagaimana kita berpikir bahwa kita juga cantik?” ungkapnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait