menu
user
URnews

Kondisi dan Penampakan Kebakaran Kilang Minyak Pertamina Balongan

Shelly Lisdya,
23 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kondisi dan Penampakan Kebakaran Kilang Minyak Pertamina Balongan
Image: Kondisi terkini Kalang Minyak Balongan milik Pertamina yang terbakar. (Tangkapan layar Instagram @indramayuterkini)

Jakarta - Beredar video yang memperlihatkan kondisi kebakaran dahsyat di kilang minyak Balongan milik PT Pertamina (Persero) di Indramayu, Jawa Barat.

Hal ini terungkap melalui video amatir yang diunggah warga di akun Instagram @indramayuterkini terkait kondisi kilang minyak Balongan.

"Kondisi pagi menjelang siang saat ini awan hitam masih membumbung tinggi di sekitar lokasi kejadian," ujar salah seorang pria yang merekam video.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by indramayuterkini (@indramayuterkini)

Tampak kobaran api di sekitaran tangki masih belum dapat dijinakkan. Hingga kini, petugas pemadam kebakaran masih berupaya melakukan pemadaman api.

Terkait itu, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan kobaran api di sekitar Kilang Minyak Balongan sudah mulai berkurang.

"Dibandingkan dengan kobaran semalam, saat ini api sudah mulai berkurang," ujar Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri di Indramayu, seperti mengutip ANTARA, Senin (29/3/2021).

Ketika mengecek lokasi, Dofiri sapaan akrabnya mengatakan, bahwa lokasi tangki yang terbakar sudah dilakukan isolasi. Hal ini guna mencegah api menyambar ke lokasi tangki lainnya.

"Penanganannya tidak seperti biasa. Butuh cara khusus dan harus berkoordinasi dengan pihak Pertamina," imbuhnya.

Saat ini, Mabes Polri tengah mengerahkan Tim Inafis guna menyelediki penyebab kebakaran. Ada informasi, setidaknya lebih dari tiga tangki bahan bakar minyak yang terbakar hingga menimbulkan ledakan.

Diketahui, tangki yang terbakar adalah 42 T 301 A, B, dan C. Tangki yang terbakar merupakan tangki yang dipakai untuk menampung bahan bakar minyak (BBM) jenis premium. 

Namun, hingga kini belum diketahui secara pasti berapa kapasitas setiap tangki premium tersebut. Namun, kilang minyak yang dibangun pada tahun 1994 itu memiliki kapasitas 125 ribu barel per hari. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait