Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Koperasi Subang Ekspor 150 Ton Kopi ke Arab Saudi

Shelly Lisdya,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Koperasi Subang Ekspor 150 Ton Kopi ke Arab Saudi
Image: Ilustrasi ampas kopi. (Freepik/yanadjana)

Bandung - Petani kopi yang tergabung dalam Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah Subang, mitra Bank Indonesia Jawa Barat, mencatatkan ekspor perdananya ke Arab Saudi.

Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah merupakan salah satu klaster kopi mitra Bank Indonesia Jawa Barat penghasil kopi premium khas Jawa Barat dengan brand kopi hofland. Para produsen kopi di Kabupaten Subang ini secara mandiri telah berhasil menembus pasar ekspor ke Saudi Arabia. 

Secara total, Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah telah berhasil memperoleh kesepakatan ekspor sebesar 150 ton. Dalam ekspor perdananya, Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah mencatatkan penjualan sebesar 18 ton kopi, atau senilai USD$148.230. 

Adapun kopi yang diekspor ke Arab Saudi tersebut merupakan Kopi Arabika Java Preanger yang tumbuh di wilayah Jawa Barat dengan spesifikasi di antaranya proses alami, proses pencucian madu, dan proses pencucian penuh. Kopi-kopi tersebut memiliki cita rasa unik yang dipengaruhi oleh cara pengolahannya.

Dalam siaran pers BI, Kepala Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto menyatakan, bangga dan bersyukur atas keberhasilan Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah, salah satu mitra Bank Indonesia yang telah turut berkontribusi dalam pemulihan ekonomi melalui ekspor komoditas unggulan. 

Ke depan, Bank Indonesia melalui sinergi bersama pemerintah dan seluruh komponen pentaheliks terkait berkomitmen untuk terus melakukan pengembangan ekonomi daerah melalui pemberdayaan sektor rill dan Klaster UMKM termasuk koperasi dan pondok pesantren. 

"Berbagai upaya sinergi dan kolaborasi tersebut akan terus dilakukan untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi Jawa Barat dan Indonesia," tutupnya dikutip Urbanasia, Selasa (21/9/2021).

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait