Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Ladies! Ini 5 Tips Aman Pakai Menstrual Cup

Shelly Lisdya,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ladies! Ini 5 Tips Aman Pakai Menstrual Cup
Image: ilustrasi menstrual cup. (Pinterest/Lunacopine)   

Jakarta - Penggunaan menstrual cup pada wanita haid kian populer, namun yang harus kalian perhatikan adalah cara pemakaiannya. 

Menstrual cup akan aman selama kamu memasukkannya dengan tangan yang bersih, mengeluarkannya dengan hati-hati, dan membersihkannya dengan benar. 
 
Namun, apabila kamu tidak berkomitmen untuk menjaga kebersihannya, dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan di area vagina loh, Urbanreaders.

Laman NPR menuliskan, dari analisis baru yang diterbitkan The Lancet Public Health menyebut jika menstrual cup aman digunakan dan mungkin sama efektifnya dengan produk pembalut lainnya dalam mencegah kebocoran. 

"Orang-orang mengatakan bahwa mereka tidak aman, itu sangat tabu, bahwa wanita tidak akan menggunakannya karena itu invasif dan tidak diterima secara budaya," kata Penelope Phillips-Howard dari Liverpool School of Tropical Medicine, seperti dikutip Urbanasia, Jumat (13/8/2021).

Lantas, bagaimana cara menggunakan menstrual cup yang aman agar terhindar dari iritasi dan risiko lainnya? Berikut tips yang telah dirangkum dari laman Healthline.

1. Kebersihan

Menstrual cup biasanya aman selama kami memasukkannya dengan tangan yang bersih, mengeluarkannya dengan hati-hati, dan membersihkannya dengan benar. 

2. Pilih yang sesuai

Menstrual cup tersedia dengan berbagai ukuran dan bahan. Kamu jangan sampai salah memilih produk, ya pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan.

1594474470-menstrual-cup.jpgSumber: Ilustrasi menstrual cup (Freepik)

3. Sterilkan

Kamu harus selalu mengeluarkan menstrual cup setelah 12 jam pemakaian. Ini memastikan pembersihan rutin dan membantu mencegah penumpukan bakteri. Sebelum mengeluarkannya, pastikan tanganmu sudah dicuci bersih menggunakan air hanya ya, guys.

4. Lepaskan dengan tepat

Ingat! Selalu bersihkan tangan sebelum dan sesudah menggunakan menstrual cup. Pastikan kamu juga harus melepaskan dengan tepat ya.

Caranya, masukkan jari telunjuk dan jempol ke dalam vagina. Cubit bagian dasar menstrual cup dan tarik keluar. Buang isinya ke dalam toilet, dan siram hingga bersih. Sterilkan menstrual cup sampai bersih dan cuci tanganmu kembali.

5. Cara pakai

Untuk menjaga keamanan, kamu juga bisa mengoleskan pelumas berbahan dasar air ke bagian luar menstrual cup. Hal ini dapat mengurangi gesekan dan membuat penyisipan lebih mudah. 

Pastikan kamu memeriksa rekomendasi pabrikan pada kemasan produk sebelum menggunakan pelumas. Sebagai aturan umum, pelumas berbasis silikon dan minyak dapat menyebabkan menstrual cup rusak. 

Umumnya, pelumas berbahan air lebih dianjurkan. Namun, hal tersebut tetap harus disesuaikan dengan petunjuk pemakaian pada masing-masing produk.

Cara pemakaiannya yakni:

Lipat kuat menstrual cup menjadi dua, pegang di satu tangan dengan tepi menghadap ke atas. Masukkan cup, rim ke atas, ke dalam vagina seperti kamu menggunakan tampon tanpa aplikator. 

Ketika sudah di dalam, putar menstrual cup sehingga lipatannya terbuka. Kamu dapat menyesuaikan kembali apabila terasa tidak nyaman.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait