Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Lakukan 5 Cara Ini untuk Menjaga Elastisitas Kulit

Deandra Salsabila,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Lakukan 5 Cara Ini untuk Menjaga Elastisitas Kulit
Image: Ilustrasi perawatan kulit alami (Freepik/kitthanes)

Jakarta - Proses penuaan biasanya ditandai dengan hilangnya elastisitas kulit. Maka, banyak orang yang menjalani perawatan kulit dengan biaya yang cukup mahal. Namun, ternyata ada cara alami untuk mengatasi hal yang satu ini.

Sebagai bagian dari proses penuaan alami, kulit cenderung kendur saat elastin (protein di kulit) rusak. Nah, berikut ini adalah lima cara efektif secara alami untuk menjaga elastisitas kulit!

1. Eksfoliasi Teratur

1595059309-eksfoliasi2.jpgIlustrasi Eksfoliasi. (Freepik)

Seiring bertambahnya usia, mekanisme alami kulit untuk melakukan pergantian sel akan menurun. Maka, melakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit secara teratur berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit dan membuatnya tampak lebih cerah secara alami.

2. Kurangi Stres

1601463195-kelola-stress.jpgIlustrasi kelola stres. (Freepik)

Jika kamu ingin menjaga elastisitas kulit, kamu perlu meminimalisir tingkat stres. Hal ini karena kortisol, yang merupakan hormon stres terbukti memecah kolagen di kulit. Semakin tinggi tingkat stres, semakin banyak kortisol diproduksi, dan seiring waktu kemampuan kulit untuk membangun kembali kolagen dan elastin akan berkurang. 

3. Olahraga

1611045851-olahraga-mens.jpgIlustrasi olahraga. (Freepik/tirachardz)

Olahraga menjadi salah satu cara terbaik untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh. Penelitian sudah menunjukkan jika olahraga membuat kulit tampak lebih muda sehingga dapat membalikkan penuaan kulit.

4. Vitamin untuk Elastisitas Kulit

1625105349-vitamin-c--freepik-chandlervid85.jpgIlustrasi kandungan vitamin C pada buah, (Freepik/Chandlervid85)

Meskipun faktor eksternal pasti membantu, mereka mungkin tidak memberikan hasil jangka panjang tanpa dosis harian seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Jenis vitamin yang terdapat dalam beberapa makanan ini diketahui dapat meningkatkan elastisitas kulit. 

5. Konsumsi Makanan Sehat

1619088159-makanan-sehat---pixabay---silviarita.JPGIlustrasi makanan sehat. (Pixabay/silviarita)

Mengonsumsi makanan seperti sayuran hijau, ikan berlemak, buah jeruk, brokoli, almond dan kenari dapat mengisi kembali elastin di kulitmu. Makanan ini dikenal akan bekerja dari dalam tubuh untuk meningkatkan kesehatan kulit.

 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait