menu
user

Surabaya - Gambar kepala banteng menyerupai lambang PDI-Perjuangan di program 'GURUku' SBO TV yang viral di Twitter, kini telah berubah. Perubahan itu tampak dalam tayangan yang diposting oleh kanal YouTube SBO TV, Selasa (8/9/2020) lalu.

Dalam video berjudul 'SBOTV GURUku Kelas 1 Tema : Tema Kegiatanku, Sub Tema 1, 09SEPTEMBER2020' yang dibawakan oleh Afita Nurul Aini, seorang guru di SDN Tembok Dukuh IV/86 Surabaya itu, gambar kepala banteng PDI-P telah berganti menjadi gambar kepala banteng yang ada dalam Pancasila.

Gambar ini tampak berbeda dari postingan netizen yang viral pada Selasa (8/9/2020) lalu. Sebab dalam cuplikan video yang tersebar di Twitter tampak kepala banteng yang muncul adalah kepala banteng berwarna hitam dengan mata merah dan moncong putih, menyerupai lambang PDI-P.

Perubahan itu pun kembali mendapat perhatian dan kritik tajam dari netizen. Salah satunya pemilik akun Twitter @MaspiyuO ini nih, guys.

"PARAH! Sila Keempat Bergambar Logo PDIP di Video Belajar Online, Setelah Ketahuan dan Viral Akhirnya Logo PDIP di-EDIT," tulis pemilik akun dengan menunjukkan perbedaan gambar tersebut.

Dalam video yang diposting di kanal YouTube SBO TV, gambar kepala banteng itu memang tak sama dengan yang muncul dan ramai di Twitter. Lambang sila ke-4 itu kini telah berbingkai persegi dengan warna kepala banteng yang hitam.

Mendapati hal tersebut, netizen pun kembali dibuat heboh. Beragam reaksi netizen itu pun tercurahkan lewat postingan akun @MaspiyuO ini.

"Parah.... Lagi lagi terjadi "penyusupan," balas @edi_muchlis.

"Mungkin ingin meberitahukan bahwa PDIP sudah menguasai semua lini," cuit @DR4nk_the.

"Bukankah itu bisa di pidana..?? Karena merubah lambang negara??" balas @AhsanHadziq.

Sementara itu, cuitan pertama yang memviralkan video itu kini telah menghilang. Seperti yang Urbanasia beritakan sebelumnya, video tersebut ramai diperbincangkan sejak akun Twitter @chandra_ds mempostingnya di Twitter.

Dalam postingannya itu, Chandra menyayangkan munculnya lambang PDI-P menggantikan lambang sila ke-4 dalam tayangan 'GURUku' yang disiarkan live pada Selasa lalu.

"Kesalahan sangat fatal pada materi program pembelajaran GURUku untuk kelas 1 SD disiarkan @sbotv pagi ini tgl 8 September 2020. Lambang sila 4 kepala banteng tapi gambarnya lambang PDI-P. @e100ss @dispendiksby1 @BanggaSurabaya @SapawargaSby," cuitan Chandra yang dilihat Urbanasia, Rabu (9/9/2020).

Menanggapi viralnya video tersebut, kini pihak SBO TV dan Dinas Pendidikan Kota Surabaya tengah berkoordinasi dan telah memanggil guru yang bersangkutan.
 

Komentar
paper plane