menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URsport

Liga 1 2021 Bakal Dihelat Juni, Tinggal Tunggu Izin Polisi

Rezki Maulana,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Liga 1 2021 Bakal Dihelat Juni, Tinggal Tunggu Izin Polisi
Image: Liga 1 2021 rencananya dihelat Juni 2021. (liga-indonesia.id)

Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah menyiapkan mekanisme terkait penyelenggaraan kompetisi di tahun ini. Tapi, semuanya masih menunggu izin pihak kepolisian.

Setelah kompetisi dibatalkan awal tahun ini karena pandemi virus corona, PT LIB selaku operator kompetisi akhirnya berani mempersiapkan diri untuk menghadapi Liga 1 2021,

Apalagi sudah ada sinyal positif dari pihak Polri kalau sepakbola mungkin saja diberikan izin, meski harus melewati beberapa syarat penting terkait protokol kesehatan.

Terakhir, PSSI sudah bertemu dengan Kemenpora, PT LIB, Gugus Tugas COVID-19, dan Polri di Kantor Kemenpora, Rabu (10/2) kemarin.

Dalam rapat yang juga dihadiri pihak Liga Basket Indonesia (IBL), disebut Kemenpora memang belum bisa menjanjikan izin karena bakal ada proses panjang yang harus dilalui.

Pertemuan pekan ini menindaklanjuti pertemua Menpora dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowk di Mabes Polri pada 8 Februari lalu.

"Jadi kami belum ambil keputusan apapun karena nanti keputusannya setelah ini. Jadi jangan ada yang salah paham. Seolah-olah kita sudah rapat, lalu memutuskan. Tidak. Ini prosesnya harus berjalan karena kita tahu siatusias pandemi COVID-19," ujar Menpora Zainudin Amali.

"Prinsip pemerintah dan Kapolri, kita mengutamakan keselamatan dan kesehatan masyarakat dan itu mengemuka dalam rapat tadi," sambungnya.

Nah, untuk menunjukkan keseriusannya menghelat kompetisi, PT LIB pun sudah mengajukan izin kepada pihak kepolisian terkait tiga agenda yang akan dihelat tahun ini, yakni turnamen pramusim, Liga 1, dan Liga 2.

Turnamen pramusim diperlukan agar para klub dan klub bisa mempersiapkan diri untuk kompetisi musim ini, setelah setahun lebih rehat karena pandemi. Turnamen ini rencananya dihelat 20 Maret hingga 25 April di empat kota yaitu Solo, Sleman, Magelang, dan Semarang.

Setelah adanya rapat koordinasi antara PSSI dan PT LIB kemarin, Liga 1 disebut akan dihelat 11 Juni 2021 sampai 22 Maret 2022 dengan format kompetisi penuh kandang-tandang. Ada 306 laga dengan 34 pertandingan per minggunya.

Sedangkan Liga 2 dihelat 6 Juli sampai 27 November 2021 dengan format 24 klub dibagi dua wilayah. Ada 264 pertandingan, masing-masing grup ada 22 laga per pekan.

"Ada tiga agenda yg diajukan, pramusim, Liga 1 dan Liga 2. Konsentrasi ke pramusim dulu, karena kondisi klub juga dalam kondisi belum ada pemain, ada yang bubar, hingga turnamen ini memberikan kesempatan klub untuk bisa mempersiapkan diri," papar Direktur operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait