Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Link Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 22

Elga Nurmutia,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Link Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 22
Image: Ilustrasi kartu prakerja. Sumber: prakerja.go.id

Jakarta - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 22 sudah dibuka sejak Senin (25/10/2021), pada pukul 12.00 WIB. Bagi kamu yang ingin mendaftarkan diri bisa langsung mengunjungi laman resmi Prakerja. Berikut ini merupakan link pendaftaran kartu Prakerja gelombang 22.

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Menjadi sebuah catatan, Kartu Prakerja yang tedapat pada gelombang 22 jumlahnya tidak sebanyak gelombang terdahulu. Hal itu dikarenakan kuota pada gelombang 22 ini awalnya dari penerima Kartu Prakerja yang status kepesertaannya telah dicabut dalam gelombang 18 bahkan 21.

Kali ini, Urbanasia akan membagikan sejumlah informasi terkait pendaftaran kartu Prakerja gelombang 22 dari berbagai sumber, sebagai berikut.

Bagi kamu calon pendaftar, perlu dicatat hanya tersedia satu link untuk pendaftaran Kartu Prakerja, yakni melalui laman Kartu Prakerja.

Sebelum kamu ingin mencoba untuk mendaftar, harus terlebih dahulu memiliki akun Kartu Prakerja. Apabila belum memilikinya, maka harus membuat akun Prakerja melalui laman resmi Kartu Prakerja di link berikut ini. Lalu, kamu harus mengisi pendaftaran, sebagai berikut:

  • Kamu akan diminta untuk memasukkan alamat email yang aktif
  • Membuat password (kata sandi) yang terdiri dari minimal 6 karakter, dan juga konfirmasi password atau melakukan ketik ulang password tersebut
  • Kemudian, tekanlah centang pernyataan yang ada dibawahnya, lalu tekan yang bertuliskan "Buat Akun".
  • Setelah itu, kamu akan mendapatkan verifikasi akun melalui email yang sudah terdaftar. Bukalah email tersebut dan kamu bisa melakukan verifikasi dengan menekan tautan yang terdapat pada email, sehingga Kartu Prakerja milik kamu sudah aktif.

Jumlah Insentif Kartu Prakerja Gelombang 22

Menurut data yang terdapat pada gelombang sebelumnya, bagi setiap peserta yang telah lolos seleksi akan diberikan bantuan pelatihan senilai Rp 1 juta.

Lalu, akan diberikan dana insentif pasca pelatihan senilai Rp 2,4 juta diberikan senilai Rp 600 ribu dalam jangka waktu 4 bulan.

Bukan hanya itu, setiap peserta juga akan menerima dana insentif ketika pengisian tiga survei untuk evaluasi senilai Rp150 ribu yang dibagi menjadi Rp 50 ribu setiap melakukan survei.

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 22

Adapun syarat untuk melakukan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 22, sebagai berikut:

  • WNI berusia 18 tahun ke atas.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  • Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
  • Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19.
  • Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  • Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Nah, itu dia informasi yang dapat Urbanasia sampaikan. Semoga bermanfaat bagi Urbanreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait