Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Link Streaming Nonton Puncak Hujan Meteor Geminid Besok

Shinta Galih,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Link Streaming Nonton Puncak Hujan Meteor Geminid Besok
Image: Ilustrasi meteor. (Pixabay/OpenClipart-Vectors)

Jakarta - Bagi kamu yang menggemari pemandangan langit dan hal-hal seputar antariksa, sebaiknya jangan melewatkan fenomena langit hujan meteor Geminid yang akan mencapai puncaknya pada akhir pekan ini.

Berdasarkan keterangan resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), puncak hujan meteor Geminid kali ini akan terjadi pada 14-15 Desember 2021.

Untuk diketahui puncak Hujan Meteor Geminid  merupakan hujan meteor utama yang titik radiannya (titik asal kemunculan meteor) berada di dekat bintang Alfa Geminorum (Castor) konstelasi Geminid.

Hujan meteor ini bersumber dari sisa debu asteroid 3200 Phaethon (1983 TB) yang mengorbit Matahari dengan periode 523,6 hari.

Berbeda dengan fenomena astronomi lainnya, hujan meteor Geminid ini terbilang menarik. Sebab dikenal sebagai hujan meteor yang memiliki intensitas besar yaitu sekitar lebih dari 100 meteor per jam.

Hujan meteor Geminid dapat disaksikan 14 Desember 2021 sejak pukul 20.30 waktu setempat hingga keesokan harinya saat akhir fajar bahari (25 menit sebelum terbenam Matahari) dari arah Timur Laut hingga Barat Laut.

Intensitas hujan meteor ini untuk Indonesia berkisar 86 meteor/jam (Sabang) hingga 107 meteor/jam (P. Rote). Hal tersebut dikarenakan titik radian berkulminasi pada ketinggian 46°-63° arah utara, sedangkan intensitas hujan meteor saat di zenit sebesar 120 meteor/jam.

Puncak hujan meteor Geminid memang dapat disaksikan di Indonesia dan tanpa perlu peralatan khusus. Namun terkadang polusi cahaya di kota besar kerap menghalangi pandangan, ditambah lagi musim penghujan membuat langit tertutup awan.

Tapi tidak perlu khawatir, kamu bisa menikmati hujan meteor Geminid lewat streaming yang disediakan NASA. Kamu bisa menonton di link berikut ini.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait