Hot News

Vitoria - Barcelona menutup LaLiga 2019/2020 dengan gemilang, membantai Alaves 5-0. Lionel Messi bikin dua gol, jadi top scorer, dan mencatatkan sejumlah rekor baru. Apa saja?

Barcelona yang harus puas jadi runner-up musim ini bertandang ke Estadio De Mendizorroza, Minggu (19/7/2020) malam WIB. Menurunkan pemain intinya, Barcelona bermain agresif sejak menit awal.

Hasilnya pada menit ke-24, Messi menggocek satu pemain Alaves dari sisi kanan dan mengirimkan umpan tarik yang disambut sontekan Ansu Fati. Messi mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-34 saat Carles Puig menyodorkan bola yang disambut sepakan yang mengecoh kiper Roberto Jimenez.

Luis Suarez mencatatkan gol ke-17 musim ini saat menanduk umpan silang Jordi Alba di menit ke-44. Barcelona tak berhenti tancap gas ketika Nelson Semedo mencocor bola umpan Puig yang mendonasikan assist keduanya pada laga ini.

Pesta lima gol tanpa balas Barcelona ini ditutup gol kedua Messi pada menit ke-75. Alba memberikan umpan terukur yang disambut sontekan Messi dan menuntaskan laga dengan skor 5-0. Barcelona finis runner-up dengan 82 poin dari 32 laga, selisih lima angka dari Real Madrid di puncak klasemen.

Torehan poin Barcelona itu adalah yang terburuk sejak mendapatkan 67 poin pada LaLiga 2007/2008 alias 12 tahun lalu! Itu adalah era terakhir Frank Rijkaard sebelum Barcelona meraih kejayaan bareng Pep Guardiola.

Meski demikian, Barcelona bisa tersenyum karena Messi menahbiskan diri sebagai top scorer lewat 25 gol dan juga top assist dengan 21 buah. Untuk assist, ini adalah rekor terbanyak yang bisa dicatatkan pemain di LaLiga, melampaui Xavi Hernandez (20) pada 2008/2009.

Dengan sumbangsih 25 gol dan 21 assist, Messi mengikuti jejak Thierry Henry sebagai dua pemain yang mampu membukukan gol dan assist sebanyak itu dalam semusim. Henry menorehkan 24 gol dan 20 assist pada 2002/2003.

Messi mencatatkan diri sebagai pemain dengan gelar top scorer terbanyak, El Pichichi, di LaLiga sebanyak tujuh kali, mengalahkan rekor penyerang legendaris Athletic Bilbao Telmo Zarra. Empat gelar top scorer beruntun sejak 2017 juga membuatnya menyamai catatan Alfredo Di Stefano dan Hugo Sanchez.

Rincian 25 gol Messi adalah 19 gol di kandang dan enam gol di laga tandang. Lima di antaranya dihasilkan lewat tendangan bebas langsung. Mantap, Messi!


Loading ..