menu
user
URedu

Mahasiswa Vokasi UB Raih Gelar Putri Pariwisata Nusantara

Shelly Lisdya,
12 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mahasiswa Vokasi UB Raih Gelar Putri Pariwisata Nusantara
Image: Mahasiswa program studi Administrasi Bisnis angkatan 2019 program pendidikan vokasi Universitas Brawijaya (UB) Afida Salsabila Azzahra. (Istimewa)

Malang - Mahasiswa program studi Administrasi Bisnis angkatan 2019 program pendidikan vokasi Universitas Brawijaya (UB), Afida Salsabila Azzahra, kembali menorehkan prestasi. 

Setelah dinobatkan sebagai Putri Pariwisata Jawa Timur 2020, kali ini Fida, begitu sapaannya, berhasil menyabet gelar Putri Pariwisata Nusantara 2021.

Penganugerahan beauty contest ini berlangsung pada 20 Maret 2021 secara virtual melalui platform zoom dan YouTube El John Pageants. Putri Pariwisata Nusantara 2021 digelar dengan tema “Revival of Indonesia” atau Kebangkitan Pariwisata Indonesia. 

Pemilihan Putri Pariwisata Nusantara 2021 ini merupakan kali ke-14 yang dibawakan oleh Yayasan EL JOHN Indonesia dan EL JOHN Pageants. 

Setelah menjalani masa karantina pada Februari-Maret, 42 finalis tampil pada malam grand final. Juri harus memilih sepuluh finalis terbaik untuk masuk sepuluh besar.

Para finalis yang lolos 10 besar ditanyai pertanyaan oleh dewan juri. Juri kembali menentukan siapa yang berhak lolos ke lima besar, berdasarkan penilaian tertinggi. 

Di posisi lima besar, finalis yang terpilih kembali menjawab pertanyaan yang diberikan oleh dewan juri dan setelah semua tahapan selesai, akhirnya juri memilih Afida Salsabilla Azzahra sebagai Putri Pariwisata Nusantara 2021. 

“Sesuai dengan motto hidup saya, lakukan yang terbaik. dan menyebarkan kebaikan. Sebagai generasi muda, saya selalu percaya bahwa hidup saya akan bermakna bila saya selalu bisa memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar, ”ungkapnya. 

Itulah alasan mahasiswi asal Blitar ini mengikuti beauty contest. Dalam kontes ini, Fida mengusung wadah ide-idenya bernama Bakti Negeri. Bakti Negeri merupakan wujud kepedulian kepada masyarakat guna mewujudkan peningkatan sumber daya manusia yang fokus pada pariwisata, pendidikan, UKM, lingkungan hingga pelosok tanah air. 

Platform ini pun sudah berjalan sejak tahun 2020 dan terwujud di kampung halamannya, Blitar. Sejak awal berdirinya hingga saat ini, Bakti Negeri telah melakukan banyak kegiatan, antara lain sosialisasi service excellence, pembinaan, dan periklanan bersama kelompok realisasi pariwisata, sosialisasi digital marketing dengan UKM, pembangunan taman baca Basagita Usara, pembuatan video promosi potensi wisata. Desa Tumpakkongga, dan penanaman pohon di kawasan Pantai Gayasan. 

Fida bertekad untuk mengembangkan potensinya sendiri dan bekerja sama dengan Putra Putri Wisata dari daerah lain untuk bersama-sama melanjutkan Bakti Nasional di daerahnya masing-masing. 

“Banyak hal hebat dari orang-orang hebat di Putra Putri Pariwisata Nusantara yang bisa saya manfaatkan untuk belajar menjadi orang yang jauh lebih baik. Selain pengalaman dan prestasi, saya juga bisa mendapatkan relasi yang luas disini untuk membuka pintu baru dalam hidup saya dan melanjutkan kiprah Bakti Negeri, tidak hanya di Jawa Timur tapi di seluruh Indonesia dengan kerjasama Putra Putri Wisata Nusantara dari provinsi masing-masing,”ujar Fida juga berpesan kepada seluruh generasi muda khususnya mahasiswa UB untuk selalu berkarya dan peduli terhadap lingkungan sekitar. 

“Kenali potensi, kelemahan atau kekuatan Anda. Percayalah bahwa setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan tetaplah berkarya. Jangan jadikan kelemahan sebagai tantangan atau penghalang untuk mencapai tujuanmu. Jangan lupa juga waspada dengan lingkungan sekitar, apalagi bermanfaat bagi masyarakat,” tandasnya. 

Dari ajang ini, Fida mendapatkan beberapa reward yaitu berupa mahkota, trophy, selempang, dan uang tunai. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait