Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Mahasiswa Wajib Memiliki Employability Skill untuk Perjalanan Karier

Shelly Lisdya,
30 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mahasiswa Wajib Memiliki Employability Skill untuk Perjalanan Karier
Image: Ilustrasi Bekerja. (Freepik)

Jakarta - Mahasiswa diwajibkan memiliki skill agar siap bersaing di dunia kerja. Pasalnya, saat lulus, mahasiswa akan dihadapi banyak tantangan, salah satunya persaingan dengan pelamar lain yang menyandang gelar sarjana hingga doktor.

Team Leader Career Services & Psychologist dari Maastricht University, Jerome de Liege mengatakan, mahasiswa wajib memiliki kemampuan kerja atau employability skill dalam berkarier.

Dijelaskan Jerome, setidaknya ada empat kompetensi untuk memiliki kemampuan kerja, yaitu academic expertise and skills, self-awareness, adaptability, dan social responsibility.

Terkait academic expertise and skills, Jerome menjelaskan bahwa hal tersebut terkait dengan pengetahuan dan kemampuan yang diperoleh dari pendidikan yang ditempuh, berhubungan dengan bidang studi hingga kompetensi lain seperti critical thinking, problem solving, dan information literacy.

Sementara untuk self-awareness, Jerome mengatakan pentingnya pengenalan diri seperti tujuan, kekuatan, kelemahan, serta nilai-nilai.

“Pengenalan diri merupakan hal yang harus dilakukan jika kita berbicara mengenai persiapan perjalanan karier,” ujar Jerome dikutip dari laman Unpad, Selasa (2/11/2021).

Selain itu, kemampuan adaptasi juga penting dimiliki mahasiswa terutama dalam menghadapi dunia kerja yang terus mengalami perubahan. Kemampuan adaptasi juga diperlukan dalam perencanaan studi lanjut di lingkungan yang berbeda.

Jerome juga menyebutkan pentingnya kemampuan sosial, di mana kemampuan ini diperlukan untuk membangun tim yang solid dan mengembangkan jejaring.

“Jangan lupakan jejaring. Jejaring juga berperan dalam menemukan pekerjaan yang tepat,” tandasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait