beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Makan Yoghurt Bisa Bikin Mood Naik Loh!

Makan Yoghurt Bisa Bikin Mood Naik Loh!
Image: Makan Yoghurt Sebagai Moodbooster (pexels.com)

Jakarta - Apakah Urbanreaders jadi salah satu penggemar yoghurt? Jika iya, kamu perlu mengetahui hal ini. Sebab selain enak, mudah dicari, yoghurt juga memiliki segudang manfaat, loh.

Kalian tahu nggak kalau yoghurt ternyata bisa jadi moodbooster? Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, makan yogurt yang mengandung probiotik bisa membantumu jadi lebih rileks.

Para peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Virginia melakukan penelitian pada tikus, dengan memberi mereka bakteri probiotik yang ditemukan dalam yoghurt.

Bakteri itu biasa dikenal dengan nama Lactobacillus. Dari eksperimen itu, peneliti menemukan gejala depresi pada tikus sebagian besar bisa diatasi dengan mengonsumsi yoghurt.

Nah, para ilmuwan juga sudah lama mengetahui jika stres berperan besar dalam membentuk mood seseorang. Peran mikrobioma usus seseorang, yang mengandung ribuan organisme bakteri, bagaimanapun, belum cukup dieksplorasi pada dimensi yang sama ini.

Melalui penelitian tadi, ketua riset, Dr. Alban Gaultier menuturkan jika satu strain Lactobacillus mampu memengaruhi suasana hati. Sehingga, tikus yang stres tadi, kondisi moodnya berubah menjadi lebih stabil setelah diberi makan yogurt probiotik.

Sementara itu, penelitian ini masih harus dilakukan dengan objek manusia untuk menentukan apakah hasilnya akan sama atau tidak.

Menurutnya, salah satu masalah potensial dalam penelitian ini adalah fakta bahwa mengukur depresi pada tikus jauh lebih sulit daripada pada manusia.

Oleh karenanya, peneliti juga tidak menyarankan seseorang yang mengalami depresi klinis boleh makan yoghurt sebagai pengganti minum obat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait