menu
user
URnews

Masih 15 Tahun, Calon Mahasiswa FK Unair Ini Lolos Lewat Jalur SNMPTN

Nivita Saldyni,
16 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Masih 15 Tahun, Calon Mahasiswa FK Unair Ini Lolos Lewat Jalur SNMPTN
Image: Rizqi Nabila Ramadhani. Sumber: Humas Unair

Surabaya - Rizqi Nabila Ramadhani (15), pelajar asal Ponorogo, Jawa Timur tengah jadi sorotan. Bagaimana tidak? Ia berhasil lolos SNMPTN dan menjadi calon mahasiswa baru Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) termuda dengan usia 15 tahun 8 bulan.

Dilansir dari website Unair, siswa dari SMAN 1 Ponorogo ini ternyata hanya menghabiskan waktu 10 tahun untuk menyelesaikan pendidikan di jenjang SD sampai SMA guys. Ia telah mengikuti program akselerasi sejak bersekolah di MTSN 2 Ponorogo. Sehingga masa SMP dan SMA yang harusnya ditempuh tiga tahun, berhasil dituntaskan masing-masing dalam waktu dua tahun.

“Waktu masuk program akselerasi, saya dituntut untuk belajar cepat. Harus greget dan mau belajar sendiri. Kelihatannya memang berat, tapi saya malah tertarik untuk memperjuangkan itu,” kata Nabila, dikutip Urbanasia pada Sabtu (27/3/2021).

“Saya ingin sukses di usia muda,” imbuhnya 

Untuk mencapai cita-cita besarnya itu, tak ada waktu bermalas-malasan bagi Nabila. Sepulang sekolah, ia mengaku harus mengikuti les di dua bimbingan belajar, ditambah les privat di rumahnya. Namun bukannya terbebani, Nabila ternyata menikmati rutinitasnya itu.

Bahkan di tengah waktu luang, Nabila memilih menghabiskan waktunya untuk membaca buku-buku pelajaran atau buku motivasi. Buku-buku karya Napoleon Hill dan Merry Riana adalah kesukaannya. Ternyata hobi membaca buku ini, didapatkan dari sang Ayah yang suka membaca buku-buku motivasi loh.

Meski perjuangannya untuk belajar cukup besar, gadis kelahiran 19 Juli ini tak memungkiri bahwa keberhasilannya saat ini diraih dengan dukungan kedua orang tuanya. 

“Mama yang selalu menemani waktu belajar, waktu capek, mendengar keluh kesah, semuanya Mama. Begitu pula Ayah yang kerja di Surabaya, pulang seminggu sekali, tapi aktif bertanya progres belajar,” tutupnya. 

Nah untuk Urbanreaders ketahui, Nabila adalah satu dari empat calon mahasiswa baru Unair yang diterima lewat jalur SNMPTN dan berusia kurang dari 16 tahun. Sementara tiga lainnya adalah Ainiyah Hasna Fadhilah yang diterima di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Hasna Azizah di Fakultas Hukum, dan Anditya Azzahra di Fakultas Farmasi.

Dalam konferensi pers yang digelar Senin (22/3/2021) lalu, Rektor Unair Mohammad Nasih mengatakan bahwa seluruh peserta yang lolos jalur SNMPTN 2021 di Unair murni karena prestasi. Prosesnya pun berjalan sesuai prinsip dan aturan yang ditetapkan pemerintah.

"Para siswa yang lolos SNMPTN 2021 adalah murni dari prestasi mereka," pungkas Nasih.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait