Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Masih Gagal Move On? Begini Cara Akhiri Hubungan dengan Mantan

Alwin Jalliyani,
27 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Masih Gagal Move On? Begini Cara Akhiri Hubungan dengan Mantan
Image: Mantan pacar/Freepik by Yanayala

Jakarta - Saat sedang jatuh cinta, kita sering percaya bahwa hubungan itu akan bertahan selamanya. Kita mempercayai bahwa dirinya adalah yang terbaik dan satu-satunya. 

Namun, setelah putus, bayang-bayang masa lalu bersamanya kerap menghampiri. Kondisi gagal move on menyiksa bagi sebagian orang. 

Berikut merupakan cara mengakhiri hubungan dengan mantan pacar secara tuntas yang dilansir dari Very Well Mind.

1. Bicarakan secara langsung

1621477138-mantan-pacaran-sama-saudara2---freepik-yanayla.jpgIlustrasi. (Freepik by Yanayala)

Upayakan membicarakan akhir hubungan dengan mantan secara langsung, bukan melalui teks atau telepon. Dengan bertemu langsung, kamu bisa segera mendapat kepastian. 

Apabila melalui pesan, dia bisa menunda jawaban atau bahkan menghindari menjawab pesan yang kamu sampaikan. Jika khawatir reaksi yang tidak menyenangkan, kamu bisa melakukannya di tempat umum.

2. Jujur secukupnya

1621477103-mantan-pacaran-sama-saudara---freepik-yanayla.jpgIlsutrasi. (Freepik by Yanayala)

Secara umum, orang ingin tahu alasan mengapa mereka disingkirkan. Kamu perlu memilah alasan apa yang bisa disampaikan dan yang lebih baik tidak dibicarakan. 

Pilih alasan yang sekiranya dapat diterima olehnya, jangan sampai menyinggung perasaan. Ucapan yang terlalu menyakitkan akan merusak hubungan kalian untuk selamanya.

3. Jangan Menyerah pada Argumen atau Protes

1624422552-pdkt-sama-mantan-gebetan---freepik-lookstudio.jpgIlustrasi. (Freepik/lookstudio)

Jika perpisahan itu mengejutkan orang lain, dia mungkin mencoba berdebat, memprotes, atau memberikan alasan mengapa kalian harus tetap bersama dan mencoba sekali lagi. 

Kalau memang keputusanmu sudah bulat, tidak ada yang bisa memulihkan atau menghidupkan kembali hubungan sekarang. Menerima protes tersebut hanya akan menunda perpisahan.

4. Tunjukkan Simpati

1624422571-pdkt-sama-mantan-gebetan2---freepik-marymarkevich.jpgIlustrasi. (Freepik/markevich)

Ekspresikan kesedihan kamu saat benar-benar mengakhiri hubungan sebagai bentuk simpati. Dibuang rasanya sangat tidak enak. Kamu dapat sedikit melunakkan pukulan tersebut dengan membicarakan beberapa saat-saat indah yang pernah kalian lalui bersama. Dengan begitu, dia akan lebih tegar dan tidak merasa terlalu hancur.

5. Hindari Menyalahkan atau Mempermalukan

1624422557-pdkt-sama-mantan-gebetan---freepik-marymarkevich.jpgIlustrasi. (Freepik/markevich)

Hindari mengubah mengakhiri hubungan dengan memberi label "orang jahat". Tidak ada seorangpun yang sempurna. Mereka mungkin telah melakukan beberapa hal buruk, seperti curang , tetapi mereka juga manusia. Lebih baik fokus menyelesaikan hubungan dengan alasan tindakan yang tidak bisa kamu terima, bukan dengan menyerang personal.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait