beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Masindo Gencarkan Kesadaran Risiko Merokok pada Masyarakat

Shelly Lisdya,
25 Juni 2022 21.48.27 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Masindo Gencarkan Kesadaran Risiko Merokok pada Masyarakat
Image: Ilustrasi rokok alternatif. (Pixabay)

Jakarta - Hingga kini tingkat kesadaran masyarakat Indonesia terhadap risiko masih tergolong rendah. Untuk itu masyarakat perlu diajak untuk sadar mengenai risiko agar tidak lagi bertindak tanpa mempertimbangkan konsekuensi yang mungkin dihadapi. 

Ketua Masyarakat Sadar Risiko Indonesia (MASINDO), Dimas Syailendra mengatakan, hingga kini tak sedikit masyarakat yang bertindak tanpa berpikir konsekuensinya dalam banyak aspek.

“Banyak dari masyarakat yang berbuat tanpa berpikir," kata Dimas dalam URLife Urbanasia pada Jumat (24/6/2022).

Dimas pun mencontohkan, seperti misalnya tertipu investasi bodong, berkendara motor tidak menggunakan helm, hingga menebar kebencian di medsos.

Salah satu contoh konkret risiko tinggi adalah kebiasaan merokok. Padahal pemerintah telah menerapkan berbagai upaya dan strategi untuk mengurangi konsumsi rokok bagi masyarakat.

"Seharusnya, masyarakat, khususnya perokok dewasa, dapat mengurangi risiko dari kebiasaannya dengan memanfaatkan produk tembakau alternatif yang memiliki risiko yang lebih rendah daripada rokok," katanya.

Dengan demikian, Dimas menambahkan, melalui MASINDO saat ini mengajak masyarakat untuk bagaimana membangun budaya sadar risiko berbasis pada pola berpikir ‘nanti bagaimana’ dan bukan ‘bagaimana nanti’. 

“Pola pikir ‘nanti bagaimana’ ini nantinya akan membangun budaya berpikir, mencari tahu, dan mengonfirmasi sebelum mengambil keputusan atau tindakan,” bebernya.

"Sehingga, caranya adalah mengambil keputusan misalkan fakta-fakta ilmiah yang tersedia. Melalui hal ini, kita bisa mengurangi risiko-risiko yang mungkin dihadapi," lanjutanya.

Lebih lanjut, Dimas mengatakan, budaya sadar risiko harus dibangun di seluruh lapisan masyarakat, sehingga kita dapat memitigasi berbagai risiko yang akan dihadapi dalam jangka panjang.

“Jadi, sadar risiko ini merupakan hal yang menurut kami perlu dibangun di dalam masyarakat. Dan mengurangi bahaya juga menjadi fokus karena sering kali risiko sulit dihindari,” pungkasnya.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Urbanasia.com (@urbanasiacom)

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait