beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Menag Yaqut Bakal Sertifikasi Penceramah dengan Wawasan Kebangsaan

Griska Laras,
lebih dari 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Menag Yaqut Bakal Sertifikasi Penceramah dengan Wawasan Kebangsaan
Image: Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Dok. Kementerian Agama)

Jakarta - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas berencana melakukan sertifikasi wawasan kebangsaan terhadap dai dan penceramah.

Sertifikasi ini bertujuan agar penceramah memiliki moderasi beragama yang tinggi.

"Fasilitas pembinaan ini untuk meningkatkan kompetensi para Dai dalam menjawab dan merespons isu-isu aktual dengan strategi metode dakwah yang menitikberatkan pada wawasan kebangsaan atau sejalan dengan slogan hubbul wathon minal iman (cinta tanah air sebagian dari iman)," kata Yaqut dalam Rapat Kerja dengan DPR RI Komisi VIII, Senin (31/5/2021).

Meski demikian, Yaqut menegaskan sertifikasi tersbut tidak menjadi syarat atau modal memberikan ceramah.

"(sertifikasi) Bukan seperti yang masyarakat bayangkan, dai dikumpulkan dikasih wawasan kebangsaan dikasih moderasi kemudian dikasih sertifikat, kemudian sertifikasi ini menjadi modal atau syarat untuk bisa berceramah, tidak seperti itu," jelasnya.

Bimbingan teknis sertifikasi ini akan diselenggarakan Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag dengan menggandeng organisasi masyarakat Islam, seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

"Para dai yang sudah mengikuti bimtek (bimbingan teknis) akan memperoleh sertifikat kompetensi yang diterbitkan oleh Kementerian Agama," kata Yaqut.

"Diharapkan para dai yang sudah terbina akan bertambah wawasan serta kompetensi keilmuannya dan memiliki integritas kebangsaan yang tinggi," pungkasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait