beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Mengenal Griselda Sastrawinata, Animator Indonesia yang Berkiprah di Disney

Shelly Lisdya,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Griselda Sastrawinata, Animator Indonesia yang Berkiprah di Disney
Image: Griselda Sastrawinata. (Pinterest)

Jakarta - Menurut OPUS OUTLOOK Bekraf 2020, terdapat 40.106 orang bekerja di subsektor ekonomi kreatif film, animasi, dan video. Nah menariknya, dari data tersebut ada animator Indonesia yang menggarap film-film Hollywood bahkan terlibat langsung sebagai kreatornya.

Salah satunya adalah Griselda Sastrawinata yang pernah bergabung dengan DreamWorks Animation dan dilanjutkan dengan Walt Disney Animation Studios pada 2015. 

Mengutip dari laman Waltdisney, Selasa (23/8/2022), wanita kelahiran 1982 ini merupakan lulusan Art Center College of Design, Pasadena, Amerika Serikat.

Griselda bergabung dengan perusahaan Walt Disney Animation Studios pada 2015. Namanya pun kian bersinar ketika menjabat sebagai Visual Development Artist film Frozen 2, ia pun menggarap desain visual puteri Anna dan sejumlah tokoh pendukung di film tersebut.

"Selain banyak proyek film animasi, ia mengerjakan Moana (2016) dan Frozen II (2019). Dia adalah ilustrator dari Buku Emas Kecil Moana," tulis laman Waltdisney.

Tak berhenti sampai di situ, animator yang pernah tinggal di Jakarta ini juga ditawari proyek film Moana oleh Ron Clements dan John Musker. 

Dalam film animasi tersebut, ia termasuk sebagai tim visual development artist yang bertugas memasukkan aksen kebudayaan Polinesia ke dalam film Moana. Ia juga sempat mengadakan workshop tentang animasi di Singapura, bersamaan dengan rilisnya film Moana di Asia.

Sebelum bergabung dengan Disney, Griselda menjadi animator di studio film Dreamworks, California. Ia juga menjabat sebagai visual development artist dan menjadi satu dari lima perempuan yang bergabung sebagai animator di Dreamworks.

Dreamworks sendiri merupakan tempat pertama Griselda mengembangkan kariernya. Bebeapa proyek film sempat ia jalani seperti film Shrek Forever After, How to Train Your Dragon 2, Kungfu Panda 2 hingga Home.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait