menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Mengenal Shang-Chi, Superhero Asia Pertama dari Marvel Universe

Eronika Dwi,
5 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Shang-Chi, Superhero Asia Pertama dari Marvel Universe
Image: Poster Film 'Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings'. (Marvel Studios)

Jakarta - Marvel memperkenalkan superhero asal Asia pertama mereka lewat film 'Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings'. Simu Liu didapuk memerankan karakter Sang-Chi dalam film tersebut.

Selain Simu Liu, film superhero ini juga dibintangi Tony Leung sebagai ayah Shang-Chi yang bernama Wenwu, Awkwafina sebagai Katy, Fala Chen sebagai Jiang Li, Florian Munteanu sebagai Razor Fist, dan Michelle Yeoh sebagai Jiang Nan.

Film arahan sutradara Destin Daniel Cretton itu didominasi aktor serta kru keturunan Asia dan akan memperlihatkan banyak adegan martial art. Itu tampaknya jadi pembuktian Marvel yang berencana menunjukkan representasi Asia.

'Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings' akan tayang di bioskop pada 3 September 2021.

Muncul Pertama Kali

1620107035-Shang-Chi-Marvel-Comics.jpgSumber: Karakter Shang-Chi. (Marvel Comics)

Karakter Shang-Chi sendiri pertama kali muncul di komik Special Marvel Edition #15 yang dirilis pada 1973. Dia diceritakan sebagai ahli kung fu dan anak dari penjahat super, Fu Manchu.

Fu Manchu yang beberapa kali berniat menaklukan dunia sempat menyuruh Sang-Chi membunuh seseorang. Namun, bukannya menyelesaikan misi, Sang-Chi malah memberontak karena tahu ayahnya penjahat.

Karakter Shang-Chi dibuat saat masuknya komunitas China di Amerika, yang mana kala itu membuat seni bela diri Kung Fu menjadi populer. Terlebih setelah hadirnya sosok Bruce Lee.  

Setelah melihat popularitas Bruce Lee di Amerika Serikat, Marvel pun mencoba untuk membuat superhero yang memiliki kemampuan seni bela diri.

Arti Nama Shang-Chi

Nama Shang-Chi diciptakan oleh Steve Englehart dan Jim Starlin pada 1973 lalu. Shang-Chi memiliki arti dari bahasa Tiongkok, yang berarti 'Kebangkitan dan Kemajuan Jiwa'.

Kemampuan Shang-Chi

1620107040-Shang-Chi-Marvel-Comics-2.jpgSumber: Karakter Shang-Chi. (Marvel Comics)

Shang-Chi merupakan karakter yang memiliki keahlian dalam bela diri kung fu, kemampuan dahsyat pada pertarungan jarak dekat, kemahiran menggunakan senjata, dan semua panca inderanya melebihi manusia normal.

Kemampuan itulah yang menjadikan Shang-Chi disebut sebagai pahlawan petarung paling hebat di semesta Marvel.

Selain itu, Shang-Chi juga memiliki kemampuan yang unik, guys. Dia mampu menggandakan dirinya menjadi banyak. Namun, Shang-Chi jarang menggunakan kemampuan tersebut kecuali bila benar-benar diperlukan.

Berbeda Antara Komik dan Film

1620107022-Film-Shang-Chi.jpgSumber: Cuplikan Film 'Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings'. (Marvel Studios)

Berbeda dengan komik, film 'Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings' mengambil latar belakang di era modern.

Hal itu dibuktikan dari trailer film yang menunjukkan Simu Liu berada di lingkungan yang nampak seperti San Fransisco.

Bukan hanya latar belakang, ayah Shang-Chi yang dalam komik ialah Fu Manchu diubah dalam film menjadi Wenwu alias The Mandarin, penjahat asal Asia yang merupakan pemimpin dari Ten Rings.

Perubahan tersebut dilakukan Marvel karena tidak memiliki hak atas karakter Fu Manchu. Selain itu, karakter tersebut juga dianggap terlalu rasis dan stereotip sehingga berisiko untuk ditampilkan.

Cuplikan Trailer 'Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings'

1618903550-shang-chi-marvel.pngSumber: Aksi Simu Liu di trailer 'Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings'. (YouTube Marvel Entertainment)

Trailer 'Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings' dibuka dengan adegan yang memperlihatkan kehidupan Shang-Chi saat ini, yang kemudian membawa penonton menyaksikan ingatan masa kecil dan remaja Shang-Chi.

Sejak kecil Shang-Chi diberi pelatihan keras untuk menjadi pembunuh tak terkalahkan oleh sang ayah. Shang-Chi yang tidak ingin menjadi mesin pembunuh memberontak pun akhirnya melawan ayahnya.

Pernah Muncul dalam Iron Man 3

1620107026-Ayah-Shang-Chi.jpgSumber: Karakter Ayah Shang-Chi. (Marvel Comics)

Unsur dalam film 'Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings' sebenarnya tidak baru di dunia Marvel Cinematic Universe (MCU).

Sebelumnya karakter The Mandarin dan Ten Rings pernah ditampilkan di film 'Iron Man 3' yang rilis pada 2013 lalu. Namun, kala itu, karakter ini hanya hadir sebagai olok-olok dan bukan penjahat sesungguhnya.

1620107018-Poster-Resmi-Film-Shang-Chi.jpgSumber: Poster Film 'Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings'. (Marvel Studios)

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait