beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Mengenal Sorgum, Bahan Pangan Alternatif Pengganti Gandum

Griska Laras,
22 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Sorgum, Bahan Pangan Alternatif Pengganti Gandum
Image: Sorgum akan diadikan pengganti gandum (Freepik/Fernando SR).

Jakarta – Pemerintah berencana membudidayakan sorgum dalam jumlah besar tahun depan. Katanya, bahan pangan ini bakal dijadikan produk alternatif substitusi gandum impor yang terhambat akibat konflik Rusia – Ukraina, guys. 

Bagi sebagian orang, sorgum masih cukup asing. Padahal, sorgum masuk dalam urutan kelima bahan pangan paling berpengaruh di dunia setelah padi, gandum, jagung, dan jelai, lho. 

Sorgum adalah tumbuhan jenis serealia yang berasal dari tanah Afrika. Pohonnya sangat mirip dengan jagung, sedangkan bentuk bijinya serupa gandum tapi lebih besar.  

Seperti gandum, sorgum dapat diolah menjadi berbagai makanan di antaranya, roti, kue, tepung, bahkan sirup. Kandungan gizinya tak kalah dari padi, jagung, atau gandum. Harganya pun jauh lebih murah.

Kandungan Nutrisi 

Sorgum kaya akan karbohidrat, protein, lemak, dan mineral. Melansir Kementerian Pertanian, 100 gram sorgum mengandung 73 gram karbohidrat, 11 gram protein, dan 3,3 gram lemak. 

Beberapa mineral yang ada dalam sorgum adalah zat besi, fosfor, kalium, dan niacin. Tanaman yang bisa dipanen dalam waktu 3 – 3.5 bulan ini juga mengandung vitamin B, vitamin B12, dan antioksidan. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait