beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URedu

Mengenal Urutan Pangkat Polisi, Mulai dari Bharada hingga Jenderal

Nivita Saldyni,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Urutan Pangkat Polisi, Mulai dari Bharada hingga Jenderal
Image: Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dilantik sebagai Kapolri di Istana Negara, Rabu (27/1/2021). (Humas Polri)

Jakarta - Tugas utama setiap anggota polisi boleh sama, yaitu memelihara keamanan dan ketertiban umum demi terpeliharanya keamanan dalam negeri. Namun ada pangkat yang diberikan dan membuat anggota polisi punya peran, fungsi dan kemampuan, serta wewenang dan tanggung jawab yang berbeda-beda.

Awalnya pembagian struktur jabatan dan pangkat Kepolisian Republik Indonesia (Polri) masih bergabung dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Namun sejak 1 Januari 2021, Polri memiliki struktur jabatan dan pangkatnya sendiri sejak dipisahkan dari TNI.

Pembagian struktur jabatan dan pangkat dalam Polri sendiri sudah diatur dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2016 tentang Administrasi Kepangkatan Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia. Dalam aturan itu ada tiga golongan kepangkatan dalam Polri, yaitu Perwira, Bintara dan Tamtama.

Lalu bagaimana urutannya? Apa yang membedakan satu pangkat dan pangkat lainnya?

Berikut Urbanasia bagikan urutan pangkat anggota polisi dari terendah hingga tertinggi beserta tanda pangkatnya, sebagaimana dirangkum dari laman resmi Polri pada Rabu (10/8/2022):

Tamtama

Tamtama adalah golongan pangkat terendah di kepolisian. Golongan ini sendiri terdiri dari enam tingkat, berikut urutannya!

1. Bhayangkara Dua (Bharada)

Pangkat ini adalah pangkat terendah dan memiliki tanda kepangkatan satu balok miring merah. Dalam kemiliteran pangkat ini setara dengan Prajurit Dua. Biasanya mereka bertugas sebagai pendamai beragam penyebab konflik agama dan konflik antar suku yang kerap terjadi di masyarakat.

2. Bhayangkara Satu (Bharatu)

Satu pangkat di atas Bharada ada Bharatu yang memiliki tanda kepangkatan dua balok miring merah. Saat Polri masih bergabung dengan TNI, mereka dikenal dengan Prajurit Satu yang pada tingkat kemiliteran Indonesia masuk dalam militer terkuat di Asia Tenggara.

3. Bhayangkara Kepala (Bharaka)

Satu pangkat di atasnya adalah Bharaka yang memiliki tanda kepangkatan tiga balok miring berwarna merah. Sebelum Polri dipisahkan dari TNI, pangkat ini dikenal dengan nama Prajurit Kepala atau Praka.

4. Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda)

Satu tingkat di atas Bharaka ada Abripda yang memiliki tanda kepangkatan satu balok panah merah. Pangkat ini memegang posisi terendah di posisi Ajun Brigadir.

5. Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu)

Di atas Abripda ada Abriptu yang memiliki tanda kepangkatan dua balok panah merah. Saat masih bergabung dengan TNI, pangkat mereka dulu dikenal dengan nama Kopral Satu.

6. Ajun Brigadir Polisi (Abrip)

Satu pangkat di atasnya yaitu Abrip yang memiliki tanda kepangkatan tiga balok panah merah. Pangkat ini jadi yang tertinggi di golongan Tamtama, Guys.

Bintara

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait