beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Mengintip Ragam Kebaya di Tanah Air

Fitri Nursaniyah,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengintip Ragam Kebaya di Tanah Air
Image: Subs Media

Jakarta - Kebaya bisa disebut sebagai salah satu pakaian tradisional Indonesia yang memiliki umur panjang karena hingga saat ini masih ramai digunakan oleh masyarakat.

Namun kini kebaya biasanya hanya dipakai dalam acara tertentu saja, seperti pesta pernikahan, acara wisuda, dan dijadikan sebagai seragam sekolah. Fungsinya cukup berbeda dengan zaman dulu yang dipakai untuk kegiatan sehari-hari.

Meskipun wujud kebaya ini tak asing, masih banyak masyarakat yang awam bahwa sebenarnya kebaya memiliki banyak jenis.

Iya, kebaya juga beragam, sama dengan masyarakat Indonesia yang beragam datangnya dari berbagai suku dan bahasa berbeda.

"Di Indonesia, kebaya bukanlah sekadar pakaian yang kita kenakan, kebaya memiliki filosofi yang melambangkan kesederhanaan, keanggunan, dan kepribadian pemakainya. Tiap-tiap daerah di Indonesia juga memiliki ragam jenis kebaya yang melambangkan nilai dan filosofinya masing-masing," ujar Tasya Widya Krisnadi, Direktur Pendopo, unit bisnis Kawan Lama Group.

Keragaman kebaya di Tanah Air membuat Pendopo, sebagai bisnis yang menjadi rumah bagi UMKM lokal, bergerak mengenalkan hal tersebut lewat koleksi kebaya Nusantara yang dipamerkan di Mal Living World Alam Sutera Lt.2 dan platform e-commerce ruparupa. Ada koleksi kebaya Nusantara dari 30 UKM dan brand fashion kebaya modern hinga tradisional di sana.

Kata Tasya, beberapa koleksi kebaya yang dipamerkan adalah Kebaya Bali, Kebaya Encim atau Peranakan, hingga Kebaya Kartini.

"Hal inilah yang memanggil Pendopo untuk mengenalkan kekayaan budaya Indonesia melalui berbagai koleksi kebaya nusantara, dari tradisional hingga modern, untuk anak-anak hingga orang tua, di antaranya Kebaya Bali, Kebaya Encim atau Peranakan, hingga kebaya dengan desain modern yang biasa disebut Kebaya Kartini," ujarnya dalam rilis yang diterima Urbanasia (9/7/2022). 

Dahulu kebaya dipandang sebagai pakaian tradisional yang bernuansa jadul, namun seiring berkembangnya zaman sudah banyak kebaya yang modelnya lebih modern dan mengikuti tren. 

Para desainer juga terus berinovasi untuk mengkreasikan kebaya agar terlihat lebih menarik dan dapat dikenakan oleh semua usia, jenis Kebaya Modern ini sering juga disebut sebagai Kebaya Kartini. Pendopo menghadirkan koleksi kebaya Kartini untuk agar bisa dipakai dan menjawab selera kawula muda.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait