Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Menilik 10 Destinasi Wisata di Sisi Lain Borobudur, Apa Saja?

Shelly Lisdya,
8 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Menilik 10 Destinasi Wisata di Sisi Lain Borobudur, Apa Saja?
Image: Candi Borobudur. (tiket.com)

Jakarta - Kuil Buddha terbesar di dunia, Candi Borobudur menjadi daya tarik wisatawan baik domestik maupun luar negeri. Urbanreaders, tahukah kalian, jika ternyata banyak destinasi wisata di sisi lain Borobudur loh.

Dalam mendukung kemajuan pariwisata Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun memperkenalkan cuplikan video pendek bertemakan, 'BOROBUDUR DARI SISI LAIN'.

"Borobudur tidak sekadar candi. Di sana ada beragam lokasi, pemandangan, budaya, tradisi, dan kearifan yang menarik dan memanggil-manggil untuk datang berkunjung. Apabila pandemi ini telah berlalu, kawasan Borobudur akan menyambut Anda dengan segenap pesonanya. Candi dan sisi lainnya," tulis Jokowi dalam caption Instagram @jokowi.

Nah, berikut 10 destinasi wisata di sisi lain Candi Borobudur yang dirangkum Urbanasia, Minggu (23/5/2021).

1. Punthuk Setumbu

Bosan dengan suasana perkotaan? Ada baiknya kamu menghirup udara degar di perbukitan sembari minum seteguk kopi dan mi kuah panas.

Ya, kamu bisa mengunjungi Punthuk Setumbu yang lokasinya tak jauh dari Candi Borobudur.  

Destinasi ini merupakan bukit yang berada di gugusan bukit Menoreh, bukit ini memiliki ketinggian 400 meter di atas permukaan laut (mdpl). Bukit ini menjadi spot favorit fotografer untuk menikmati sunrise di sekitaran Borobudur.

2. Gereja Ayam

Sebenarnya bangunan ini merupakan gereja berbentuk merpati. Namun, yang terlihat lebih mirip ayam.

Gereja Ayam merupakan sebuah tempat ibadah yang terletak Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Bangunan tersebut digagas pengusaha Daniel Alamsyah pada tahun 1990-an. Bangunan tersebut memiliki kembaran di pesisir Atlantida, Uruguay, Amerika Selatan loh guys.

3. VW Wisata

Kamu juga bisa mengunjungi VW Wisata. Di sin, kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Andong dan Telomoyo. 

Suasana pedesaan akan terasa kental di sini. Bahkan, tak sedikit pengunjung juga ikut bergabung hanya untuk makam siang dengan para petani di tengah sawah. Gimana, tertarik nggak guys?

4. Rumah Nira

Indonesia sangat kaya akan adat dan budaya. Setiap daerah pun memiliki ragam rumah adat. Nah, salah satu destinasi di sisi lain Borobudur adalah Rumah Nira. 

Ya, di sini kamu akan mempelajari kultur masyarakat Borobudur. Kamu juga bisa melihat kesederhanaan para masyarakatnya, seperti uniknya minum teh namun gula jawanya digigit. Wah, sensasi baru ya?

5. Sentra Gerabah

Sentra kerajinan gerabah secara turun temurun di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menjadi tujuan studi wisata anak-anak berasal dari berbagai sekolah loh guys.

Program studi wisata di sentra gerabah Borobudur ini bermanfaat memotivasi pelajar maupun wisatawan untuk mengetahui lebih dalam tentang kekayaan nilai budaya di kawasan candi yang juga warisan peradaban dunia itu.

6. Sentra Batik

Batik merupakan pakaian tradisional Indonesia yang ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Nah, di kawasan Borobudur juga terdapat Sentra Batik. Ada beberapa batik khas di sini, salah satunya adalah batik kembang.

Wisatawan yang berkunjung bisa langsung membatik dan hasilnya dibawa pulang loh. Tak hanya itu, kamu juga bisa membawa batik jadi sebagai cindera mata.

7. Lebah Madu

Mau mencoba sengatan lebah? Kamu bisa berkunjung ke Lebah Madu Borobudur. Di sini kamu akan diajarkan budidaya madu dengan para petani lebah.

8. Wahana Samudra Raksa

Bagi kamu yang memiliki anak, kamu bisa mengajak keluarga, anak, teman dan pasanhan ke Wahana Samudra Raksa. 

Wahana baru sinema interaktif ini dikemas secara modern dan edukatif, pihak pengelola akan menayangkan sejarah ekspedisi pelaut Nusantara pada abad ke-8 hingga kapal Samudra Raksa terpahat di relief Candi Borobudur.

9. Museum Karmawibhangga

Museum Karmawibhangga atau juga disebut Museum Borobudur ini menampilkan gambar relief Karmawibhangga yang terukir pada kaki tersembunyi Borobudur, beberapa blok batu Borobudur yang terlepas, serta temuan artefak arkeologi yang ditemukan di sekitar Borobudur dan yang berasal dari berbagai situs-situs purbakala di Jawa Tengah. 

Museum ini juga menampilkan struktur arsitektur Borobudur, serta dokumentasi proyek pemugaran besar-besaran antara tahun 1975 dan 1982 yang dibantu oleh UNESCO. 

Bangunan museum ini dibangun dengan gaya arsitektur tradisional Jawa, yakni berupa rumah joglo lengkap dengan pendopo.

10. Kampung Homestay Borobudur

Bingung cari penginapan saat ke Magelang atau tepatnya menjelajah sisi lain Borobudur? 

Tenang saja, kamu bisa menginap di Kampung Homestay Borobudur. Setiap kamar harganya relatif, mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 60 juta rupiah per malam. Jadi, kamu pilih yang mana?

Nah, itu tadi 10 destinasi wisata di sekitaran Candi Borobudur yang bisa kamu kunjungi pada saat musim liburan. Tapi ingat ya, tetap patuhi protokol kesehatan agar terhindar dari COVID-19.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait