Hot News

Jakarta - Situasi yang sulit sekarang ini membuat banyak pelaku usaha harus menyusun ulang strateginya dalam menjalankan bisnis. Tak hanya itu, dalam beberapa kasus, bahkan telah terjadi pengurangan jumlah karyawan demi efisiensi.

Menghadapi fenomena tersebut, sangat wajar kalau kamu pun ikut merasa khawatir dan cemas dengan masa depan karirmu.

Apalagi, jika pekerjaan yang kamu miliki saat ini adalah satu-satunya sumber penghasilanmu. Untuk itu, kamu pun perlu menyusun ulang strategi keuanganmu agar kamu bisa merasa lebih tenang.

Urbanasia punya beberapa tips nih buat kamu agar kamu bisa bersiap dalam menghadapi segala kemungkinan. Coba simak ya, guys!

1. Potong Bujet yang Nggak Perlu

Kamu harus mulai memilih dan memilah semua kebutuhan kamu dan harus tega memotong bujet-bujet yang dirasa tidak perlu, tidak mendesak, dan tidak terlalu penting. Utamakan alokasi uangmu untuk kebutuhan pokok lebih dahulu dan abaikan pengeluaran yang bersifat konsumtif.

2. Prioritaskan Tagihan-tagihan

Kalau kamu punya beberapa tagihan seperti KPR, kredit kendaraan, atau pemakaian kartu kredit, susunlah berdasarkan urutan kepentingan. Sisihkan dulu penghasilanmu untuk menutup semua tagihan yang kamu miliki.

3. Minta Keringanan kepada Bank

Saat ini pemerintah telah membantu dengan memberikan stimulus agar bank-bank dan penyedia layanan kredit bisa memberikan keringanan kepada orang-orang yang terdampak situasi akibat wabah COVID-19. Manfaatkan fasilitas ini untuk membantu meringankan cicilan kamu hingga situasi kembali normal.

4. Sisihkan Uang untuk Keadaan Darurat

Kita tidak tahu pasti kondisi ini akan berlangsung berapa lama. Untuk itu, usahakan untuk menyisihkan sebagian uang yang kamu punya saat ini untuk keadaan darurat. Simpanlah dengan baik dan jangan diutak-atik.

5. Mulai Networking

Kamu perlu mempunyai rencana cadangan jika ternyata karirmu benar-benar terancam. Mulai sekarang, perluas networking kamu dan kumpulkan informasi-informasi yang bisa membantumu mendapatkan pekerjaan baru. Jangan lupa, perbarui CV kamu agar siap dikirimkan kapan saja diperlukan.

6. Cari Penghasilan Tambahan

Ada baiknya kamu mulai berusaha untuk mencari penghasilan tambahan. Cobalah kemungkinan-kemungkinan baru yang sesuai dengan minat dan passion kamu. Jika perlu, berdiskusilah pada orang yang lebih ahli dan jangan ragu untuk keluar dari zona nyaman kamu.


Loading ..