Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Model JFW 2021 Ungkap Cara Tetap Fokus di Fashion Show Virtual

Anisa Kurniasih,
sekitar 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Model JFW 2021 Ungkap Cara Tetap Fokus di Fashion Show Virtual
Image: Rizal Rama & Maria Karina (JFW 2021 Icons) (Dok. JFW)

Jakarta - Di tengah pandemi COVID-19, gelaran Jakarta Fashion Week 2021 tetap akan digelar dengan kondep virtual. Sejumlah adaptasi tetap dilakukan agar penyelenggaraan bisa berlangsung sesuai prosedur kesehatan.

JFW 2021 dijadwalkan lebih singkat dari biasanya yakni pada tanggal 26-29 November 2020, guys.

Para pencinta fashion tetap bisa menyaksikan pagelaran busana, cerita di balik panggung, dan beragam konten lainnya dari Jakarta Fashion Week 2021 secara live streaming di microsite JFW.TV dan kanal resmi Jakarta Fashion Week lainnya. 

Lenni Tedja, Direktur Jakarta Fashion Week mengungkapkan, JFW tahun ini tetap berkonsep runway show tetapi direkam terlebih dulu sebelum disiarkan.

"Pandemi COVID-19 turut mengubah tatanan dunia fashion. Berbagai penyesuaian pun dilakukan, termasuk memanfaatkan platform digital. Masyarakat dapat menikmati rangkaian acara Jakarta Fashion Week 2021 melalui kanal yang kami miliki serta kanal dari para partner yang bekerja sama dengan kami," ungkap Lenni dalam konferensi pers virtual, Kamis (22/10/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Jakarta Fashion Week juga memperkenalkan Maria Karina dan Rizal Rama sebagai Jakarta Fashion Week 2021 Icons. Kedua model asal Surabaya itu menyisihkan 10 finalis lainnya di ajang The Search for Jakarta Fashion Week 2021 Icons.

Maria merupakan model kelahiran 16 Juni 2004 yang kini masih duduk di bangku SMA di Surabaya. Ia lolos sebagai salah satu finalis dari ajang pemilihan JFW Icon di Surabaya. Sementara, Rizal Rama merupakan model kelahiran 4 Desember 2004 yang lolos seleksi regional Jakarta.

Maria dan Rizal mengungkapkan, berpose di runway dengan penonton virtual merupakan pengalaman baru bagi mereka. Jika biasanya mereka berlenggak lenggok di depan penonton secara langsung, kini penonton hanya bisa menyaksikan lewat virtual saja.

Maria menjelaskan, cara keduanya agar bisa menghidupkan suasana dan tetap fokus adalah dengan selalu berlatih agar penampilan tetap terlihat sempurna.

“Kita tetap latihan terus agar kita terlihat sempurna meskipun nggak ada penonton di stage. Setiap latihan, aku juga tetap membayangkan ditonton banyak orang,” ujar Maria dalam konferensi pers virtual, Kamis (22/10/2020).

Rizal menambahkan, cara lain agar tetap fokus dan tetap profesional adalah dengan mengeluarkan feel saat di catwalk. 

“Aku juga tetap ngebayanginnya lagi ditonton, jadi tetep main feel,” imbuh Rizal.

Pada JFW 2021, puluhan desainer dan label ternama Indonesia terlibat dalam pagelaran fesyen era baru yang berlangsung di Senayan City. Termasuk di antara mereka adalah desainer dan label Indonesia Fashion Forward, Dewi Fashion Knights, hingga para desainer muda lewat Lomba Perancang Aksesori 2020 dan Lomba Perancang Mode Menswear 2020.

"Akan ada sekitar 100 desainer yang terlibat dalam JFW 2021. Untuk desainer yang terlibat, akan segera diinfokan lebih lanjut karena saat ini masih tahap scheduling," sambung Lenni.

Panitia memastikan desainer yang terlibat tidak hanya dari dalam negeri. Berpartner dengan beragam pusat kebudayaan dari sejumlah negara sahabat, para desainer mitra akan tampil dengan format live streaming pada JFW 2021.

Ia mengatakan, bukan perihal mudah bertransisi ke format digital. Pasalnya, ada beberapa komponen tambahan yang sebelumnya tak dibutuhkan saat acara berlangsung secara offline.

Dalam penggarapan, Lenni memastikan semua pihak sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tak kurang total dari 16 show bakal menghiasi gelaran JFW 2021, baik pergelaran busana tunggal maupun kolektif. 
 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait