Manchester - Dua raja Piala FA melaju tanpa hambatan ke babak keempat, yakni Manchester United dan Arsenal. Setan Merah menang 1-0 atas Watford, sementara Gudang Peluru membekuk Newcastle United 2-0.

MU menjamu Watford di Old Trafford, Minggu (10/1/2021) dini hari WIB. MU banyak memainkan penggawa pelapisnya termasuk Alex Telles, Dean Henderson, Axel Tuanzebe, dan Mason Grenwood.

Meski demikian, MU sudah menggebrak sejak menit awal dan membuka keunggulan di menit kelima lewat Scott McTominay yang pada laga itu jadi kapten tim. Bagi McTominay, ini adalah kali pertama dia memimpin tim.

Telles mengeksekusi sepak pojok yang mengarah langsung ke McTominay dan disundul yang sempat memantul ke tanah, sebelum menjebol jala Watford. Setelah itu MU malah kesulitan membuat gol karena beberapa kali upaya serangannya gagal.

Hingga laga berakhir skor 1-0 tetap bertahan dan MU lolos dari babak ketiga untuk ke-34 kalinya dari 35 musim terakhir. Satu-satunya kegagalan saat disingkirkan Swansea City pada Januari 2014 dengan skor 1-2.

MU bahkan selalu melewati 17 pertandingannya di Piala FA menghadapi tim yang berasal dari divisi non-Premier League. Langkah serupa juga diikuti oleh Arsenal yang menghadapi sesama tim Premier League Newcastle United di Emirates Stadium.

Meski demikian, Arsenal harus susah payah melewati Newcastle yang berhasil menahan imbang selama 90 menit tanpa gol. Barulah di babak perpanjangan waktu 2x15 menit, Arsenal memecah kebuntuan lewat pemain muda andalannya Emile Smith-Rowe.

Mendapat bola umpan sundulan Alexandre Lacazette, Smith-Rowe menyontek bola ke jala Martin Dubravka. Arsenal memastikan kelolosan lewat gol Pierre-Aubameyang yang mencocor umpan Kieran Tierney dan mengubah skor jadi 2-0.

Juara bertahan Piala FA melaju ke babak keempat dan jadi kelolosan ke-24 dari 25 musim terakhir, setelah gagal pada musim 2017/2018 saat disingkirkan Nottingham Forest. Sejauh apa MU (12 gelar) dan Arsenal (14 gelar) bisa melaju lebih jauh? Kita tunggu saja.

Komentar
paper plane