Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Mulai 7 Mei, Seluruh Moda Transportasi Kembali Dibuka

Eronika Dwi,
lebih dari 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mulai 7 Mei, Seluruh Moda Transportasi Kembali Dibuka
Image: istimewa

Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengumumkan bahwa seluruh moda transportasi akan dibuka kembali mulai Kamis, 7 Mei 2020. Hal tersebut disampai Menhub Budi Karya melalui Rapat Kerja virtual dengan Komisi V DPR di Jakarta, Rabu (6/5).

"Semua moda angkutan udara, kereta api, laut, bus kembali beroperasi dengan catatan harus menaati protokol kesehatan," kata Budi, sebagaimana yang dikutip dari Antara.

Kebiajakan tersebut merupakan salah satu penjabaran dari Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 Hijriah dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Mengenai kriteria apa saja yang diperbolehkan untuk berpergian, Menhub Budi Karya menuturkan bahwa perihal itu sedang dirumuskan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang berkoordinasi dengan Kementrian Kesehatan (Kemenkes).

Namun, yang pasti, salah satu kriteria yang diperbolehkan adalah transportasi untuk kepentingan tugas negara atau kepemerintahan bagi para pejabat negara dan anggota DPR.

“Jadi beruntunglah bapak-bapak jadi anggota DPR mendapatkan ini, termasuk kami boleh melakukan perjalanan sejauh tugas negara. Saya enggak boleh ke Palembang kalau mudik, tapi saya boleh ke Palembang kalau melihat LRT. Karena itu kita juga tidak mau ada suatu penyalahgunaan,” ujar Menhub Budi.

Menhub Budi Karya kembali menjelaskan, kebijakan tersebut direncanakan akan operasi mulai besok dengan orang-orang khusus.

“Secara maraton, nanti jam 1 saya dengan Dirjen Udara, besok pagi dengan tiga dirjen, kereta, darat dan laut, agar penjabaran dan detail-detail itu akan disampaikan kepada khalayak,” katanya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait