beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Muncul Jerawat di Leher, Gimana Mengatasinya?

Kintan Lestari,
14 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Muncul Jerawat di Leher, Gimana Mengatasinya?
Image: Ilustrasi jerawat di leher. (Freepik/maophotostocker)

Jakarta - Jerawat, masalah kulit yang nggak akan ada habisnya. Kebanyakan orang hanya fokus pada jerawat yang muncul di wajah, padahal jerawat bisa tumbuh di area badan lainnya, seperti punggung, bokong, dan leher.

Urbanasia pernah membahas seputar jerawat punggung (bacne) dan jerawat di bokong (butt acne), sekarang yuk kita bahas soal jerawat leher (neckne). Kenapa bisa muncul jerawat di area tersebut ya?

"Siapa pun yang memiliki jerawat di wajah mereka bisa mendapatkannya di leher mereka," jelas Heidi Waldorf dari Waldorf Dermatology Aesthetics seperti dilansir dari Byrdie.

Artinya, di leher juga ada kelenjar sebaceous tinggi yang memproduksi banyak minyak. Itu menjadi tempat yang baik bagi bakteri berkembang biak, sehingga nanti menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga muncullah jerawat di leher.

Dibanding wajah, sebenarnya jerawat leher lebih sulit ditutupi. Kalau jerawat wajah kan bisa ditutupi dengan acne patch atau concealer ya, tapi kalau di leher, kamu lebih sering berkeringat. Lalu ditambah juga tertutup pakaian sehingga sering terjadi gesekan.

Terus harus gimana dong untuk mengatasinya? Menurut Waldorf, obat treatment jerawat wajah bisa digunakan juga untuk area leher. Jadi kamu bisa pakai produk yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida. Dua bahan aktif tersebut sifat anti-inflamasi dan bekerja untuk mencegah pembentukan komedo serta dapat menghancurkan bakteri penyebab jerawat di bawah kulit.

Selain itu kamu bisa mengatasi jerawat leher dengan memakai pakaian yang bahannya menyerap keringat. Hindari bahan tidak menyerap keringat seperti poliester atau rayon karena mereka bisa menjadi penyebab jerawat. Breakout juga bisa muncul akibat alergi deterjen. Biar aman, pilihlah produk yang dikhususkan untuk kulit sensitif, karena bebas dari pewarna, dan zat aditif yang dapat menyebabkan jerawat. Pastikan juga kamu membersihkan wajah secara menyeluruh sampai ke leher.

Kalau jerawat leher tak kunjung hilang, mungkin itu saatnya kamu datang ke dokter kulit. Waldorf mengatakan jika jerawat terlihat di sepanjang garis rambut di bagian belakang leher, itu mungkin terkait dengan rambut yang tumbuh ke dalam. Folikulitis (yang menyerupai jerawat) sering terjadi di sekitar leher (atau di bagian tubuh mana pun yang mengandung folikel rambut). Kalau demikian, kamu akan disarankan melakukan treatment laser hair removal.

"Pertimbangkan laser hair removal di kantor dokter kulit sehingga setiap peradangan yang muncul dari rambut yang tumbuh ke dalam dapat diobati pada waktu yang sama," kata Waldorf.

Atau kamu bisa konsultasi ke dermatologis. Nanti dermatologis akan mencari tahu penyebab utama jerawat leher yang kamu alami, lalu meresepkan obat yang tepat untuk mengatasinya. 

Itu dia pembahasan seputar jerawat leher dan cara mengatasinya. Semoga informasinya bermanfaat untukmu, Guys!

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait