menu
user
URnews

Naik Bus Damri Kini Bisa Bayar Pakai Dompet Digital

Anisa Kurniasih,
16 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Naik Bus Damri Kini Bisa Bayar Pakai Dompet Digital
Image: istimewa

Jakarta – Sistem pembayaran melalui dompet digital kini makin meluas. Nggak cuma bisa untuk bayar seperti makanan, parkir dan lainnya, kini pembayaran lewat dompet digital juga bisa untuk naik bus Damri loh.

Terkini, DANA menjalin kerja sama dengan Damri untuk semakin memudahkan masyarakat menggunakan moda transportasi badan usaha milik negara (BUMN) tersebut sekaligus memperkuat budaya contactless. 

Melalui kolaborasi ini, masyarakat bisa menggunakan DANA sebagai alat pembayaran baik secara online maupun offline saat bepergian dengan armada Damri.

“Sejak awal, teknologi DANA dibangun agar memungkinkan segala bentuk kolaborasi dengan platform lain  maupun ekosistem yang ada sehingga keuangan digital makin inklusif. Sinergi dengan DAMRI merupakan bagian dari upaya DANA untuk terus mendorong budaya cashless dan contactless sekaligus memberikan pengalaman bertransaksi digital yang makin mudah, aman dan nyaman,” ujar Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA dalam rilis resminya, Rabu (31/3/2021).

Bagi Damri, kolaborasi dengan DANA melengkapi berbagai metode pembayaran nontunai dan nonkartu sekaligus mempermudah masyarakat membeli tiket perjalanan antar kota, menuju bandara dan kawasan pariwisata, baik  melalui situs web dan aplikasi maupun secara offline di pool Damri.

DANA menawarkan dua solusi yaitu offline dan online. Untuk solusi offline, DANA mengintegrasikan QRIS dengan POS milik Damri. Sementara untuk solusi online, DANA menjadi salah satu opsi pembayaran dalam aplikasi Damri.

Untuk memanfaatkan aplikasi DANA dalam transaksi offline, calon penumpang bisa datang langsung ke loket DAMRI. Kemudian pilih tujuan dan jam keberangkatan, dilanjutkan dengan memilih tempat duduk. Tunjukkan ID Card, lalu bayar dengan memindai QRIS menggunakan aplikasi DANA.

Sementara untuk transaksi online, calon penumpang terlebih dahulu harus membuka aplikasi Damri Apps di Play di Playstore Android. Selanjutnya, pilih layanan yang diinginkan yakni bandara, antarkota, atau tempat wisata. Lalu pilih tempat keberangkatan dan destinasi. Dilanjutkan dengan memilih bus, jam keberangkatan dan tempat duduk. 

Langkah berikutnya adalah mengisi nama. Setelah itu, pilih DANA sebagai metode pembayaran dan lakukan pembayaran melalui DANA Cashier Page. Setelah pembayaran berhasil, pengguna akan mendapatkan e-ticket sesuai destinasi yang dipilih.

Pembayaran menggunakan DANA tersedia untuk pembelian tiket lebih dari 100 rute perjalanan,  di antaranya Lampung, Malang, Surabaya, Bandung, Bogor, Makassar, Medan, Pontianak, dan seluruh rute yang tersedia di Indonesia.

“Kerja sama ini memperluas jangkauan ekosistem pembayaran cashless untuk setiap pembelian tiket Damri. Langkah ini menambah pilihan metode pembayaran digital yang dapat diakses melalui website tiket.damri.co.id, aplikasi DAMRI Apps (Playstore), dan melalui agen resmi penjualan lainnya,” kata Setia N Milatia Moemin, Direktur Utama Damri.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait