Hot News

Jakarta - Netflix baru saja menorehkan catatan luar biasa. Aplikasi layanan video on demand ini, berhasil menembus satu miliar download di Play Store.

Angka tersebut memang termasuk aplikasi pra-instal pada ponsel baru. Tapi tetap saja, tidak mengesampingkan jumlah pemasangan aplikasi yang sangat tinggi.

Sebagai perbandingan, kompetitornya Amazon Prime punya tingkat unduhan 100-500 juta. Sementara Hulu berada pada tingkat unduhan 50-100 juta dan HBO GO memiliki 5 juta unduhan.

Sementara, dari pantauan Antara, pencapaian Netflix tersebut sama dengan Instagram yang telah memiliki 1 miliar unduhan. Sedangkan, WhatsApp dan Facebook jauh melampaui Netflix dan Instagram, masing-masing dengan 5 miliar unduhan.

Namun Netflix harus was-was dengan Disney+. Pasalnya, sebagai pendatang baru, layanan tersebut langsung melesat. 

Bayangkan belum setahun, Disney+ sudah diunduh 10 juta kali. Padahal, jangkauan Disney+ jauh lebih terbatas dibandingkan dengan Netflix, HBO GO, Amazon Prime, maupun Hulu.

Saat ini layanan Disney+  yang diluncurkan pada 12 November 2019 itu baru tersedia Kanada, Amerika Serikat, Belanda dan India. Menurut kabar, dalam waktu dekat layanan ini akan tersedia di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Kembali ke Netflix, meski angka pengunduhannya sangat tinggi, masih kalah jauh dengan aplikasi terpopuler dengan lebih dari 5 miliar unduhan di Google Play Store. WhatsApp pada awal tahun ini menjadi aplikasi percakapan nomor wahid di dunia.

Menurut Statista, WhatsApp memiliki 1,6 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Angka itu mengungguli Facebook Messenger yang mencatatkan 1,3 miliar dan WeChat 1,1 miliar pengguna pada 2019.

 


Loading ..