URnews

4 Tahun Berdiri, Rumah Millennials Sukses Jadi Wadah Kolaborasi

Itha Prabandhani, Sabtu, 24 Juli 2021 15.39 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Tahun Berdiri, Rumah Millennials Sukses Jadi Wadah Kolaborasi
Image: Perayaan ulang tahun ke-4 Rumah Millenials (tangkapan layar Zoom)

Jakarta – Komunitas memiliki peran penting dalam membangun ekosistem masyarakat di masa pandemi ini. Saat seluruh aktivitas kita dibatasi, Rumah Millennials terus berkarya menjadi wadah bagi para pemuda Indonesia khususnya generasi millennial dari Sabang sampai Merauke, agar bisa saling berkolaborasi satu sama lain.

Rumah Millennials yang lahir pada tanggal 22 Juli 4 tahun lalu ini, merupakan salah satu komunitas yang berperan sebagai platform konektor, katalisator, mobilisator, dan akselerator sosial bagi generasi muda.

Melalui Rumah Millennials, generasi muda bisa mengembangkan jejaring sosial untuk pengembangan diri, aktualisasi, dan sosialisasi. Selain itu, para millennial juga dapat mengasah kemampuan berinteraksi, bekerjasama dalam tim, serta mencari ruang untuk berkarya.

Menyambut ulang tahunnya yang keempat, Rumah Millennials menggelar berbagai kegiatan yang dibungkus dalam tema 'Untuk Kamu, Kita dan Indonesia'.

Setelah serangkaian acara Instagram live yang digelar pada 18 hingga 21 Juli 2021, pada Sabtu, 24 Juli 2021, Rumah Millennials mengadakan webinar dengan tema 'Saatnya Anak Muda Nusantara Berkolaborasi untuk Indonesia'.

Dalam webinar yang merupakan puncak acara perayaan ulang tahun ke-4 Rumah Millennials, hadir tiga narasumber dari bidang media dan akademik, yaitu News Anchor Sea Today dan Radio Announcer Mustang FM Karin Soerja, CEO Urbanasia Achmad Rouzni Noor II, serta Dosen UGM Bayu Dardias.

Dalam kesempatan ini, hadir pula perwakilan Rumah Millennials Regional Network (RMRN) dari berbagai kota seperti Padang, Lampung, Palembang, Yogyakarta, Malang, Lombok, hingga Provinsi Bali, untuk berbincang bersama seputar masalah dan tantangan komunitas di setiap daerah, khususnya pada masa pandemi ini.

Selain itu, dilakukan pemberian donasi secara simbolis, yang sebelumnya telah dikumpulkan oleh Rumah Millennials.

Dalam kesempatan ini, Duta Besar Indonesia untuk Republik Rakyat Tiongkok, sekaligus Board of Advisor Rumah Millennials, Djauhari Oratmangun, menyatakan apresiasinya pada Rumah Millennials, atas kiprahnya dalam membangun komunitas generasi muda di Tanah Air.

“Saya sangat senang melihat Rumah Millennials dapat tumbuh menjadi satu wadah untuk generasi millennial di Indonesia. Tak dapat dimungkiri bahwa generasi millennial adalah masa depan dari bangsa ini. Oleh sebab itu, kita semua harus bahu-membahu membantu mereka menyiapkan masa depan yang lebih baik untuk bangsa dan negeri yang kita cintai ini,” ucap Djauhari.

Saat ini, sudah ada 15 daerah yang resmi tergabung dalam RMRN, dengan total relawan sekitar 100 orang, yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Rumah Millennials juga telah menjalin kerja sama dengan berbagai sektor, mulai instansi pemerintah, perusahaan swasta, serta berbagai komunitas.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait