beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Ada BLT untuk Anak Yatim Piatu hingga Lansia, Bakal Cair Desember

Itha Prabandhani, 17 September 2022 23.02.26
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ada BLT untuk Anak Yatim Piatu hingga Lansia, Bakal Cair Desember
Image: Ilustrasi penerima bansos. Sumber: Kemensos RI

Jakarta – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengungkapkan Pemerintah akan menyalurkan bantuan langsung tunai atau BLT kepada yatim piatu, masyarakat lanjut usia, hingga penyandang disabilitas. Bantuan ini, kata Risma, akan diberikan pada bulan Desember 2022.

Risma menjelaskan Kemensos mendapat dana tambahan sebesar Rp 400 miliar dari Kementerian Keuangan.

“Kami juga mendapatkan tambahan anggaran, sebesar Rp 400 miliar sekian. Akan kami gunakan di bulan Desember 2022,” kata Risma di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (16/9/2022).

Lebih lanjut, Risma mengatakan Kemensos menargetkan sebanyak 946.863 yatim piatu bakal menerima bantuan di program ini. Adapun besaran BLT yang akan disalurkan per anaknya adalah Rp 200 ribu per bulan.

Sementara untuk lansia, Risma mengatakan bantuan ini akan diberikan kepada 334.011 warga berusia 80 tahun ke atas dan sudah tidak ada lagi yang merawat.

"Itu kami berikan makanan setiap hari, uangnya dititipkan ke pak RT pak RW. Ini bulan Desember 2022. Lalu penyandang disabilitas jumlahnya 19.934 orang," kata Risma.

Khusus bagi lansia dan penyandang disabilitas, Risma mengatakan jumlah bantuan yang diberikan adalah sebesar Rp 21 ribu per hari dan bakal diberikan selama 1 bulan penuh.

Lebih lanjut, Risma mengatakan pihaknya sampai saat ini masih terus melakukan penyesuaian data penerima dengan milik Kementerian Ketenagakerjaan. Hal ini agar BLT ini tidak diterima oleh masyarakat yang sudah menerima bantuan dari Kemenaker.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait