URnews

Belgia Punya Wakil Perdana Menteri Transgender Pertama

Nivita Saldyni, Selasa, 6 Oktober 2020 10.37 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Belgia Punya Wakil Perdana Menteri Transgender Pertama
Image: Petra de Sutter. Sumber: Twitter @pdsutter

Belgia - Belgia baru-baru ini menjadi sorotan dunia. Pasalnya, seorang wanita transgender, Petra De Sutter (57) baru saja diangkat sebagai Wakil Perdana Menteri Begia pada awal Oktober 2020.

Diangkatnya De Sutter, anggota dari partai Flemish Green, Groen, sebagai Wakil Perdana Menteri Belgia membuat dirinya menjadi anggota parlemen transgender terbuka paling senior di Eropa saat ini, guys.

Hal ini pun disambut baik oleh De Sutter. Lewat akun Twitter pribadinya, ia mengungkapkan rasa bahagianya. Ia pun menunjukkan pada dunia bahwa dirinya, seorang transgender bangga kepada Belgia dan Uni Eropa yang tak terlalu mempermasalahkan statusnya itu.

"Saya bangga bahwa di ?? dan hampir di semua ?? identitas gender Anda tidak mendefinisikan Anda sebagai seseorang dan itu bukanlah masalah. Saya harap penunjukkan saya sebagai menteri dan Wakil PM dapat memicu perdebatan di negara-negara yang belum demikian #fighttransphobia," tulis Sutter, seperti dikutip Urbanasia dari Twitter pribadinya, Selasa (6/10/2020)

Dilansir dari Guardian, Petra de Sutter merupakan seorang ginekolog dan kepala departemen kedokteran reproduksi di Universitas Ghent.

Ia pun dikenal lewat pandangannya tentang kesehatan seksual dan masalah trans yang kuat. Bahkan selama ini, De Sutter yang memilih untuk menjadi wanita di usia 40 tahun itu dikenal sebagai seseorang yang tak pernah menyembunyikan identitasnya dalam karier politiknya.

Penunjukkan De Sutter itu juga mendapat respons positif dari Organisasi LGBTQ di Belgia. Menurut mereka, penunjukkan De Sutter telah menjadi 'tonggak' sebab peran De Sutter dalam pemerintahan tak dihebohkan oleh media utama di negara tersebut.

Sementara itu, kini De Sutter telah menjadi menteri transgender terbuka pertama di Belgia dan Eropa. Ia juga merupakan politisi transgender paling senior di Eropa.

Sebelumnya ada Marie Cau, politisi transgender pertama di Perancis saat terpilih sebagai Wali Kota Tilloy-lez-Marchiennes pada awal 2020. Kemudian ada juga Gianmarco Negri, politisi transgender pertama Italia yang menjabat sebagai walikota Tromello tahun lalu.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait