Hot News

Tokyo - Yoshihide Suga resmi menjabat sebagai Perdana Menteri Jepang yang baru mulai hari ini (16/9/2020). Suga dipercaya meimpin Negeri Sakura setelah unggul dalam pemungutan suara di parlemen.

Kemenangan mantan ketua sekretaris kabinet di pemerintahan Abe ini pun sudah dipastikan sebelumnya. Dalam pemungutan suara yang berlangsung Senin (14/0/2020), Suga memenangkan suara Partai Demokrat Liberal (PDL) yang dominan di parlemen.  

Dia memperoleh 377 dari total 534 suara dari anggota parlemen dan perwakilan daerah.Proses pemungutan suara tersebut disiarkan langsing di situs parlemen Jepang.

Setelah resmi menjabat sebagai pemimpin, politikus 71 tahun ini mengatakan prioritasnya saat ini adalah memerangi virus corona dan memulihkan ekonomi Jepang yang terpuruk akibat pandemi.

Sebagai orang terdekat Shinzo Abe, Suga diyakini akan meneruskan kebijakan 'Abenomics' warisan pendahulunya yang menggabungkan kebijakan moneter dan stimulus fiskal.

Menurut laporan The Guardian, Yoshihide Suga tidak akan mengganti beberapa pos menteri di era kepemimpinan Abe. Dia akan mempertahankan Menteri Luar Negeri Toshimitsu Motegi dan Menteri Keuangan Taro Aso.

Selain itu, posisi Seiko Hashimoto selaku Menteri Olimpiade dan Paraolimpiade Tokyo serta Kazuyoshi Akaba selaku Menteri Pertahanan, Prasarana, Transportasi dan Pariwisata  juga akan dipertahankan.

Yoshihide Suga akan memimpin Jepang hingga pemilihan umum berikutnya. 


Loading ..