URnews

Cara Naik LRT Jabodebek Cuma Rp 1 Selama Masa Ujicoba

Ken Yunita, Senin, 3 Juli 2023 13.52 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cara Naik LRT Jabodebek Cuma Rp 1 Selama Masa Ujicoba
Image: LRT Jakarta. (Instagram LRT Jakarta)

Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan LRT akan segera diujicoba untuk publik mulai 12 Juli – 17 Agustus 2023. Selama masa uji coba, penumpang hanya dikenai tarif Rp 1. Caranya gimana?

LRT Jabodebek Rp 1 bisa lo naiki dari 18 lokasi berikut ini:

1. Stasiun Dukuh Atas

2. Stasiun Setiabudi

3. Stasiun Rasuna Said

4. Stasiun Kuningan

5. Stasiun Pancoran

6. Stasiun Cikoko

7. Stasiun Ciliwung

8. Stasiun Cawang (Interchange Station)

9.. Stasiun TMII

10. Stasiun Kampung Rambutan

11. Stasiun Ciracas

12. Stasiun Harjamukti

13. Stasiun Halim

14. Stasiun Jatibening Baru

15. Stasiun Cikunir I

16. Stasiun Cikunir II

17. Stasiun Bekasi Barat

18. Stasiun Jatimulya

Setelah melewati masa uji coba, Presiden Joko Widodo dijadwalkan bakal meresmikan moda transportasi baru ini pada 18 Agustus 2023. Bagi lo warga Jakarta dan sekitarnya, apabila ingin mencoba menaiki LRT pada masa uji coba, maka harus mendaftarkan diri terlebih dahulu di akun Instagram LRT Jabodebek.

Pendaftaran baru dibuka pada 10 Juli 2023 melalui link ini.

Sebagai informasi tambahan, tarif LRT Rp 1 selama masa uji coba ini disampaikan Pemprov DKI Jakarta pada HUT ke-496 DKI Jakarta pada tanggal 22 Juni 2023 lalu. Tarif uji coba LRT ini lebih murah dibanding tarif normal.

Pemerintah belum mengumumkan secara resmi tarif LRT jika sudah beroperasi secara normal setelah 18 Agustus 2023.

Selain warga Jakarta, pengoperasian LRT juga akan menguntungkan bagi warga Depok dan Bogor karena moda transportasi ini akan menjangkau dua wilayah tersebut selain juga sampai ke Kota Bekasi. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melanjutkan pembangunan LRT dari Jakarta-Depok-Bogor dan Bekasi.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Risal Wasal mengatakan, saat ini progres sudah mencapai 95,09 persen pada Juni 2023. "Seluruh persiapan dan pembangunan LRT Jabodebek sudah mencapai 95,09 persen, tinggal pekerjaan kalibrasi sistem operasi," katanya.

Tidak hanya pengerjaan fisik, pihaknya juga tengah mengusahakan izin untuk selesai pada Juli. Dengan demikian, pihaknya bisa melakukan pengoperasian perdana atau soft launching pada Agustus 2023.

Risal juga memastikan kesiapan operasional LRT Jabodebek, integrasi antarmoda antara layanan LRT Jabodebek dengan layanan moda transportasi lainnya juga tengah disiapkan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait