URnews

Gebrakan Baru Sinar Mas untuk Bantu UMKM Naik Kelas

Ken Yunita, Senin, 5 Juni 2023 12.06 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Gebrakan Baru Sinar Mas untuk Bantu UMKM Naik Kelas
Image: Sinar Mas

Jakarta - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau yang biasa dikenal dengan UMKM menjadi perhatian banyak pihak. Tak cuma pemerintah, para pebisnis besar pun berusaha membantu para UMKM agar lebih kuat.

Seperti yang dilakukan Sinar Mas. Grup besar dengan tujuh pilar usaha ini terus melakukan program untuk membantu UMKM. Istilah mereka adalah bagaimana agar para UMKM bisa naik kelas.

Tahun ini, Sinar Mas membuat gebrakan baru agar lebih banyak berkontribusi buat masyarakat serta lingkungan khususnya UMKM. Salah satunya adalah lewat program inclusive closed loop.

Tujuan program ini adalah agar para UMKM binaan pilar-pilar usaha Sinar Mas dapat meningkatkan produktivas mereka. Dengan begitu, daya saing para UMKM ini juga akan meningkat.

Program ini digaungkan oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) 2020. Dan saat itu, Sinar Mas sebagai salah satu grup besar di Indonesia terus mendorong agar program itu bisa bermanfaat.

Pada tahun 2021, Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid berpandangan jika digitalisasi adalah keniscayaan, dan berlangsungnya pandemi mempercepat proses ini berlangsung.

Saat itu, manufaktur Indonesia meskipun baru sekitar 21 persen di antaranya yang menerapkan digitalisasi selaras dengan konsep Industri 4.0, namun mampu mencatatkan produktivitas yang lebih unggul dibandingkan negara-negara maju yang penerapannya telah berada di atas 50 persen.

“Jadi bisa dibayangkan kalau kita bisa mempercepat adopsi Industri 4.0 hingga average sampai 50 persen, produktivitas dan performance manufacturing Indonesia bisa berkompetisi dengan negara negara lain,” ujar saat itu.

Dan Sinar Mas selama ini mendorong inclusive close loop system di UMKM binaan pilar-pilar Sinar Mas, mengoptimalkan teknologi digital guna meningkatkan produktivitas serta memperluas akses pasar.

Tak cuma itu, Sinar Mas juga mendorong transisis energi dengan mengembangkan dan menggunakan energi baru untuk menuju transisi energi hijau lewat pengembangan biodiesel, solar panel, dan black liquor.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait