URnews

Golkar Usung Gibran Rakabuming Jadi Cawapres Prabowo

William Ciputra, Sabtu, 21 Oktober 2023 14.27 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Golkar Usung Gibran Rakabuming Jadi Cawapres Prabowo
Image: Gibran Rakabuming Raka. Sumber: Instagram @gibran_rakabuming

Jakarta - Partai Golkar resmi mengusung Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming sebagai calon wakil presiden (Cawapres) untuk Prabowo Subianto. Prabowo diketahui sebagai satu-satunya Bacapres yang belum memiliki pasangan dalam Pilpres 2024 nanti. 

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menjelaskan, keputusan mengusung putra Presiden Joko Widodo itu sebagai Cawapres Prabowo diambil pada Rapimnas Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023).

“Semuanya mengusulkan dan mendukung Mas Gibran untuk kita pasangkan dengan Pak Prabowo sebagai bakal capres RI,” kata Airlangga kepada wartawan, Sabtu. 

Diketahui, nama Gibran memang sudah santer dikabarkan akan menjadi pendamping Prabowo. Hal ini semakin menguat setelah Mahkamah Konstitusi membuat keputusan tentang batas usia minimal cawapres. 

Dalam keputusannya, MK menyebutkan bahwa seseorang yang belum berusia 40 tahun boleh menjadi Cawapres selama ia memiliki pengalaman sebagai kepala daerah atau di pemerintahan. 

Gibran sendiri saat ini masih berstatus sebagai kader PDI Perjuangan. Ia pun tampak hadir dalam Rapimnas Partai Golkar dan mengaku sudah berkomunikasi dengan Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani. 

Dalam pernyataannya kepada wartawan, Gibran menyampaikan ucapan terima kasih kepada Partai Golkar atas keputusan mengusung dirinya tersebut. 

“Terima kasih kepada keluarga besar Golkar, saya sangat mengapresiasi hasil Rapimnas ini. Untuk selanjutnya akan kami koordinasikan dengan Pak Prabowo,” katanya. 

Sejauh ini, sudah ada dua pasangan Capres-Cawapres yang mendaftar ke KPU RI. Pertama adalah pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar yang diusung Nasdem, PKB, dan PKS.

Lalu kedua pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang diusung PDI Perjuangan dan PPP serta beberapa partai non parlemen. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait