URnews

Gunung Anak Krakatau Meletus, Semburkan Abu Setinggi 1 Km

Putri Rahma, Kamis, 11 Mei 2023 18.43 | Waktu baca 1 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Gunung Anak Krakatau Meletus, Semburkan Abu Setinggi 1 Km
Image: Semburan abu Gunung Anak Krakatau. (PVMBG)

Jakarta - Aktivitas Gunung Anak Krakatau terus meningkat dalam beberapa waktu terakhir. Pada Kamis (11/5/2023), gunung yang berada di perairan Selat Sunda ini dilaporkan meletus. 

Menurut keterangan Pusat Volkanologi dan Miigasi Bencana Geologi (PVMBG) letusan Gunung Anak Krakatau pada siang tadi itu menghasilkan semburan abu setinggi satu kilometer. 

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tipis hingga tebal ke arah barat daya," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau, Anggi Nuryo Saputro, mengutip Antara, Kamis.

Nuryo menambahkan erupsi tersebut sudah terjadi sejak pukul 12:41 WIB. Erupsi tersebut terekam oleh seismograf dengan amplitudo maksimum 7 meter dan durasi 143 detik.

Sebelumnya, Gunung Anak Krakatau sempat mengalami erupsi dengan ketinggian abu mencapai tiga kilometer yang terjadi pada pukul 05.19 WIB.

Abu tersebut terlihat sangat tebal dan mengarah ke arah barat daya.  Hingga saat ini, Gunung Anak Krakatau masih dalam status level II (Siaga) yang telah ditetapkan sejak 24 April 2023 lalu.

PVMBG pun menyarankan agar masyarakat, pendaki, hingga wisatawan untuk tidak mendekati gunung tersebut dan beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah aktif.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait