URnews

Hilal Berhasil Dilihat di Pantai Galesong Sulawesi Selatan

Urbanasia, Rabu, 22 Maret 2023 17.57 | Waktu baca 1 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Hilal Berhasil Dilihat di Pantai Galesong Sulawesi Selatan
Image: Ilustrasi - Penampakan hilal atau bulan muda yang menandakan awal bulan baru Hijriyah. (Twitter @infoBMKG)

Jakarta - Petugas pemantau hilal yang bertugas di Hotel Pantai Wisata Galesong, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan berhasil melihat bulan muda atau hilal pada Rabu (22/3/2023). 

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Sulawesi Selatan, Khaeroni menjelaskan, posisi hilal berada pada ketinggian 7 derajat 33 menit 28 detik. 

“Melihat hasil Rukyatul Hilal hari ini dan menyimak hasil di sejumlah lokasi di Indonesia, sepertinya tahun ini berpotensi akan sama awal Ramadannya,” kata Khaeroni kepada wartawan, Rabu. 

Rukyatul Hilal digelar Kanwil Kemenag Sulsel bersama dengan Badan Hisab Rukyat Sulsel, Pengadilan Agama, MUI, Ormas Islam, perguruan tinggi, dan BMKG Sulawesi Selatan. 

Ketinggian hilal yang berhasil dilihat di Pantai Galesong ini sudah memenuhi kriteria baru yang disepakati Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura atau MABIMS. 

Kesepakatan MABIMS menyebutkan tinggi hilal yang disepakati minimal 3 derajat dengan elongasi 6,4 derajat. 

Dengan demikian, awal Ramadan 1444 H akan jatuh pada 23 Maret 2023, yang artinya Umat Islam di seluruh Indonesia akan serempak menjalani awal puasa. 

Namun, hal ini belum final. Pasalnya, hasil rukyatul hilal masih akan dilaporkan ke Sidang Isbat yang digelar Kementerian Agama beberapa saat lagi. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait