URnews

Jokowi Resmi Lantik Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri

Anisa Kurniasih, Rabu, 27 Januari 2021 11.54 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jokowi Resmi Lantik Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri
Image: Pelantikan Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta (Sekretariat Presiden/YouTube)

Jakarta - Presiden Joko Widodo resmi melantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri. Pelantikanyang dipimpin langsun oleh Jokowi tersebut digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (27/1/2021). 

Pengangkatan Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 5/Polri/2021. Setelah mengucapkan sumpah jabatan, Listyo Sigit menandatangani berita acara pengangkatan sumpah jabatan.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama, Sekretaris militer presiden juga membacakan Keppres Nomor 7/Polri/2021 tentang kenaikan pangkat dalam golongan perwira Polri. Kini, Listyo Sigit menyandang pangkat Jenderal polisi. Dalam pelantikan itu, Jokowi juga menyematkan langsung pangkat jenderal serta menyerahkan tongkat komando.

Listyo Sigit kini memimpin korps Bhayangkara menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan pensiun pada 1 Februari 2021 nanti. Lulusan Akpol 1991 itu sebelumnya telah mengikuti rangkaian fit and proper test di DPR RI dan disetujui oleh DPR RI untuk menjadi Kapolri.

1611723187-listyo-sigit-.jpegSumber: Pelantikan Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta (Sekretariat Presiden/YouTube)

“Kami ucapkan terima kasih atas seluruh dukungan dari masyarakat, sesepuh, para senior dan juga seluruh anggota Polri di manapun berada atas terlaksananya kegiatan pelantikan hari ini,” ujar Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/1/2021) seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Kepresidenan.

Baca Juga: Calon Kapolri Listyo Sigit Bakal Hapus Penindakan Tilang di Jalan

Jenderal Sigit mengaku siap untuk mengemban tugas sebagai pucuk pimpinan Korps Bhayangkara. Ia juga mengatakan akan menerapkan Polri yang tegas tapi tetap humanis.

“Bagaimana menampilkan Polri yang tegas dan humanis, bagaimana menampilkan Polri yang mampu memberikan pelayanan publik yang baik, bagaimana kita memberikan pelayanan secara transparan dan bagaimana kita mampu memberikan penegakan hukum secara berkeadilan, ini tentunya menjadi tugas kami ke depan,” ucap Jenderal Sigit.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga bicara terkait tantangan ke depan di tengah pandemi Corona. Dia menegaskan bahwa keselamatan masyarakat adalah hukum tertinggi.

“Kita ketahui bersama, kita sedang menghadapi situasi pandemi Covid, bagaimana kita berusaha melakukan upaya penanggulangan terhadap Covid, baik di kegiatan-kegiatan yang kita disiplinkan, penegakan protokol kesehatan karena keselamatan masyarakat adalah hukum tertinggi,” sambungnya.

“Dan bagaimana Polri membantu mengawal pertumbuhan ekonomi nasional sehingga kita semua bisa terlepas dari situasi yang ada dan ekonomi bisa kembali tumbuh,” ungkap Sigit.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait