beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Macet Hampir di Semua Kota, Jokowi: Kita Telat Bangun Transportasi Publik

Urbanasia, Kamis, 30 Maret 2023 13.05 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Macet Hampir di Semua Kota, Jokowi: Kita Telat Bangun Transportasi Publik
Image: Presiden Jokowi saat menjajal kereta api Trans Sulawesi. (Dok. Setkab)

Jakarta - Presiden Joko Widodo menyoroti tingkat kemacetan yang kini mulai merata di hampir semua kota besar di seluruh Indonesia. Menurut Jokowi hal itu lantaran pemerintah terlambat membangun transportasi publik. 

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi saat meresmikan Depo Kereta Api Maros yang ditayangkan akun YouTube Sekretariat Presiden pada Rabu (29/3/2023) kemarin. 

“Hampir di semua pulau besar kemudian di kota-kota, utamanya ibu kota, kita ini terlambat dalam membangun transportasi publik, transportasi massal, utamanya, terlambat,” kata Jokowi dikutip Kamis (30/3/2023). 

Menurut Jokowi, transportasi publik merupakan kebutuhan dasar untuk menghubungkan antar provinsi dan antara kota/kabupaten. Menurutnya, keterlambatan membangun transportasi publik menjadi penyebab kemacetan.

“Akhirnya macet di semua kota sekarang ini. Tidak hanya di Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Semarang, di Makassar juga sudah macet,” tegas Jokowi. 

Peresmian Depo Kereta Api Maros sendiri menandai mulai beroperasinya jalur kereta api Makassar-Parepare antar Maros-Barru. Jalur kereta api ini nantinya akan menjadi bagian dari KA Trans Sulawesi. 

Jokowi pun berharap, berharap jalur kereta api ini tidak hanya menjadi pilihan transportasi bagi masyarakat tetapi juga dapat menekan biaya logistik yang sekaligus dapat meningkatkan daya saing Sulawesi Selatan dan juga Indonesia.

“Ini kalau nanti betul-betul sudah keretanya banyak, ada untuk penumpang, ada untuk wisata, ada untuk barang, ini akan memberikan daya saing, competitiveness negara kita akan semakin baik karena barang diangkut dengan alat transportasi yang murah,” tandasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait