URnews

Mencari Keberadaan Kim Jong Un Lewat Jejak Satelit

Kintan Lestari, Kamis, 30 April 2020 16.30 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mencari Keberadaan Kim Jong Un Lewat Jejak Satelit
Image: Kim Jong Un mengemukakan pendapat pada Pertemuan Ketiga Komisi Militer Pusat Ketujuh (CMC) yang diperluas dari Partai Buruh Korea (WPK) dalam foto tanpa tanggal yang dirilis Minggu (22/12/2019). (ANTARA via REUTERS/KCNA)

Pyongyang - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un hilang bak ditelan bumi usai dilaporkan menjalani operasi jantung.

Pemerintah Korea Utara masih belum buka suara mengenai kabar kesehatan serta keberadaan pemimpin tertingginya itu. Berbagai spekulasi pun merebak.

Ada yang menyebut Kim Jong Un meninggal saat operasi, ada juga yang menyangsikan hal itu karena sekitar dua minggu lalu terlihat kereta api khusus yang disinyalir milik Kim Jong Un di kota peristirahatan Wonsan di Korea Utara.

Nah baru-baru ini Kim Jong Un kembali dilaporkan terlihat di sebuah resor pantai mewah di pantai timur laut Kerajaan Hermit. Kabar itu muncul dari foto-foto satelit terbaru yang dirilis 38 North - situs pemantau isu seputar Korut yang berbasis di Washington - yang mana menunjukkan bahwa diktator Korea Utara tersebut berada disana.

Pada hari Selasa, situs web pemantau Korea Utara NK Pro melaporkan bahwa citra satelit komersial baru-baru ini menunjukkan kapal yang sering digunakan Kim untuk bersantai ada di dekat vila eksklusifnya di Wonsan.

1588237496-foto-satelit.jpg

Tampilan citra satelit yang disediakan oleh Maxar Technologies menunjukkan tinjauan umum tentang kompleks kepemimpinan Wonsan di Wonsan, Korea Utara. (Fox News via Maxar Technologies via AP)

Di komplek Wonsan terdapat vila-vila tamu, pantai pribadi, lapangan bola basket, dermaga kapal pesiar tertutup, lapangan tembak, dan stasiun kereta pribadi. Diyakini pemimpin Korea Utara itu memiliki kapal pesiar bernilai jutaan dolar.

Hari Selasa (21/4/2020) lalu 38 North juga memperlihatkan foto kereta api khusus Kim Jong Un. Seringnya ia berada di Wonsan diyakini beberapa ahli bawah wilayah itu merupakan tempat Kim Jong Un dilahirkan.

Kim Jong Un terakhir terlihat pada 11 April. Ia juga dilaporkan melewatkan peringatan perayaan ulang tahun ke-108 kakeknya, pendiri Korea Utara Kim Il Sung, pada 15 April lalu.

Ditengah spekulasi mengenai keberadaannya, seorang pembantu utama presiden Korea Selatan bersikeras pada hari Minggu (26/4/2020) lalu bahwa pemimpin yang diyakini berusia 36 tahun itu "hidup dan sehat."

"Dia telah tinggal di daerah Wonsan sejak 13 April. Sejauh ini tidak ada gerakan mencurigakan yang terdeteksi," kata Chung-in Moon, penasihat kebijakan luar negeri Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, seperti dilansir Fox News.

Belum lama ini Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengklaim kalau dirinya tahu keberadaan Kim Jong Un.

"Saya berharap ia baik. Bisa saya katakan saya memang tahu keadaan dia. Tunggu saja, kalian mungkin akan mendengar kabar tidak lama lagi," ujar Trump.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait