URnews

Menkominfo Ajak Bantu UMKM Bangkit Lagi

Afid Ahman, Sabtu, 18 Juli 2020 16.45 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Menkominfo Ajak Bantu UMKM Bangkit Lagi
Image: Kominfo menggelar gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia untuk bantum UMKM bangkit. Sumber: Kominfo

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Infomatika (Kominfo) meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Diharapkan gerakan ini dapat kebangkitan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Ultra Mikro (UMKM/UMi).

“Gernas BBI hadir untuk mendorong transformasi digital UMKM/UMi di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), melalui pemberian stimulus maupun fasilitasi UMKM dan Ultra Mikro,” kata Johnny G Plate, Menkominfo.

Mengambil tema 'Kita Bela Kita Beli', kegiatan BBI digelar 16 Juli - 31 Juli 2020. Kominfo bertindak sebagai koordinator, sementara pelaksanaannya dijalankan masing-masing kementerian dan lembaga dengan Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi sebagai pengarah.

“Selama dua minggu ke depan, mari bersama-sama menyebarluaskan semangat #KitaBelaKitaBeli ke seluruh masyarakat Indonesia,” ajak Menkominfo.

Lanjut diterangkan potensi UMKM/UMi di Indonesia yang sangat besar. Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM, terdapat 64 juta UMKM/UMi di Indonesia, yang berkontribusi hingga 60% pada Pendapatan Domestik Bruto (PDB) nasional. “Sektor UMKM/UMi adalah soko guru perekonomian negara kita,” tegas Johnny.

Ditambahkannya melalui Gernas BBI #KitaBelaKitaBeli, Pemerintah hadir dengan bantuan stimulus yang dikhususkan untuk UMKM/UMi. Total anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp607,65 Triliun dengan alokasi sebesar Rp123,46 Triliun bagi UMKM/UMi.

“Jumlah ini diharapkan dapat membantu UMKM/UMi di masa pandemi Covid-19. Pemerintah, melalui Kementerian Keuangan juga memberikan insentif pajak dengan pembebasan pembayaran PPh final 0,5% kepada para pelaku UMKM/UMi untuk masa pajak April sampai dengan September 2020 selama pandemi COVID-19,” paparnya.

Di samping pemberian stimulus finansial, Gernas BBI #KitaBelaKitaBeli juga mengupayakan stimulus dalam bentuk pelatihan ataupun pendampingan.

“Terutama untuk fasilitasi penyesuaian peralihan aktivitas bisnis UMKM/UMi ke ruang-ruang digital atau yang disebut sebagai digital onboarding. Aspek ini harus dimaksimalkan, mengingat dari 64 juta UMKM/UMi di Indonesia, baru sekitar 9,4 juta atau 14,6% UMKM/UMi yang sudah go-online,” jelas Menteri Johnny.

Untuk membangkitkan UMKM, Kominfo menyiapkan tiga stimulus. Pertama, program Kewirausahaan Digital-Digital Talent Scholarship yang menjangkau 22.500 peserta dan dilaksanakan dalam tiga batch.

“Kuota tersebut merupakan bagian dari total 50.000 peserta yang ditargetkan untuk keseluruhan program Digital Talent Scholarship,” tutur Menkominfo.

Kedua, program Scaling-up UMKM/UMi, Petani, dan Nelayan digital yang bertujuan untuk pengembangan dan pendampingan demi keberlangsungan usaha di sektor tersebut.

“Gerakan ini sudah diluncurkan sejak tahun 2017 melalui program Gerakan UMKM Jualan Online dan akan semakin diintensifkan seiring dengan Gernas BBI,” ungkap Johnny.

Ketiga, Pelatihan Bahasa Inggris dan pemasaran digital untuk UMKM/UMi dan pegiat desa wisata di berbagai destinasi wisata super prioritas. “Dengan target 2.000 peserta, dengan masa pelatihan selama tujuh bulan,” pungkas Menkominfo.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait