URnews

MUTU dan TQC Vietnam Kerja Sama Perkuat Layanan Sertifikasi FSSC 22000

William Ciputra, Selasa, 10 Oktober 2023 20.22 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
MUTU dan TQC Vietnam Kerja Sama Perkuat Layanan Sertifikasi FSSC 22000
Image: Kunjungan 2 international coordinator TQC Vietnam ke kantor MUTU International. (Istimewa)

Jakarta - PT Mutuagung Lestari Tbk atau MUTU International (MUTU) terus meningkatkan layanan sertifikasi global, salah satunya FSSC 22000. Dalam hal ini, MUTU menjalin kerja sama dengan penyedia layanan multi-bidang di Vietnam, TQC Vietnam.

TQC Vietnam adalah penyedia layanan yang fokus pada kualitas produk, barang, dan jasa. Kerja sama TQC Vietnam dan MUTU tercermin dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada awal 2023.

Sebagai tindak lanjut kerja sama ini, International Coordinator TQC Vietnam, Ms Bui Thi Huyen Trang dan Ms Tran Thi Thoa melakukan kunjungan ke kantor Pusat MUTU di Jalan Raya Bogor KM 33, Cimanggis, Depok, Jawa Barat pada 6 Oktober 2023.

Keduanya disambut langsung oleh Direktur Operasional MUTU International, Irham Budiman. Irham mengatakan, dengan kerja sama ini, MUTU International dapat memperluas cakupan layanannya ke pasar Vietnam dan semakin memperluas pelanggan di luar Indonesia.

“Saat ini, kolaborasi tersebut fokus pada skema sertifikasi FSSC 22000, yang memiliki signifikansi penting dalam industri pangan,” kata Irham dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/10/2023).

Irham menambahkan, kedatangan dua International Coordinator TQC Vietnam itu merupakan komitmen bersama untuk memperluas kerja sama di bidang sertifikasi.

“Serta tidak menutup kemungkinan untuk MUTU membuka peluang kerja sama di skema sertifikasi lainnya maupun terkait pengujian,” imbuhnya.

Irham menjelaskan, kerja sama antara TQC Vietnam dan MUTU International adalah langkah besar dalam meningkatkan kualitas layanan sertifikasi di industri global dan bentuk komitmen kami untuk menyediakan layanan yang lebih baik.

“Semoga kerja sama ini membawa kesuksesan bagi semua pihak yang terlibat,” lanjutnya.

TQC Vietnam adalah lembaga sertifikasi yang telah ditunjuk oleh 5 kementerian dan sektor di Vietnam. Di negaranya, TQC sudah cukup berpengalaman dengan 13 tahun menggeluti bidang sertifikasi dan pengujian, serta melayani lebih dari 3000 pelanggan.

Beberapa layanan yang disediakan oleh TQC Vietnam antara lain sertifikasi HACCP dan ISO 22000 yang berkaitan dengan keamanan pangan, serta skema sertifikasi lainnya seperti ISO 9001, ISO 14001, dan ISO 13485.

Dalam kesempatan tersebut, Irham pun menyampaikan pesan dan kesan dari dua perwakilan TQC Vietnam setelah mengunjungi kantor MUTU. Keduanya mengaku terkesan dengan sepak terjang MUTU selama ini sebagai Lembaga Validasi dan Verifikasi (LVV) terkemuka di Indonesia.

“Keduanya sangat antusias karena berkesempatan berkunjung ke kantor MUTU, karena selama ini koordinasi hanya dilakukan secara online,” kata Irham.

Menurut Irham, kedua perwakilan berharap kerja sama dengan MUTU International bisa terus berlanjut. Ke depan, keduanya juga berharap kerja sama ini akan merambah skema sertifikas lain.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait