URnews

Nonton di Bioskop Sambil Bantu Daur Ulang Botol Plastik Melalui ‘Reborn Area’

William Ciputra, Senin, 11 Desember 2023 17.23 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Nonton di Bioskop Sambil Bantu Daur Ulang Botol Plastik Melalui ‘Reborn Area’
Image: Coca-Cola 'Reborn Area' hadir di 5 CGV Cinemas di Jakarta. (Urbanasia)

Jakarta - Botol plastik sekali pakai menjadi salah satu jenis sampah yang turut mencemari lingkungan. Saat ini penggunaan botol plastik sekali pakai sudah mulai dikurangi sedikit demi sedikit.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah beralih dari botol sekali pakai kepada botol minum yang bisa dicuci. Sementara bagi produsen, pilihannya adalah beralih menggunakan botol plastik Polyethylene Terephthalate (PET) yang bisa didaur ulang. 

Dalam hal ini, Coca-Cola menjadi salah satu brand yang sudah menggunakan botol plastik PET untuk kemasan produknya. Alhasil, botol bekas produk Coca-Cola bisa didaur ulang menjadi botol kemasan yang baru lagi.

Menurut Director of Public Affairs, Communication, and Sustainability PT Coca-Cola Indonesia, Triyono Prijosoesilo, pihaknya memiliki komitmen mengurangi kemasan plastik untuk produk yang dihasilkan.

Terkait komitmen ini, Coca-Cola memiliki tiga pilar, yaitu design, collect, partnership. Dalam hal partnership ini, Coca-Cola baru saja mengumumkan kerja sama dengan jaringan bioskop CGV untuk menghadirkan ‘Reborn Area’.

“Kami dengan bangga bermitra dengan CGV Cinemas untuk menghadirkan Coca-Cola ‘Reborn Area’ di mana masyarakat dapat menemukan drop box kemasan botol plastik PET bekas pakai,” kata Triyono, Senin (11/12/2023). 

Triyono menambahkan, melalui program ini pihaknya menegaskan komitmen dalam mendorong lebih banyak orang untuk mendaur ulang dan membantu memberikan kehidupan kedua bagi botol plastik PET bekas pakai. 

1702290039-Coca-Cola-CGV.jpg Director of Public Affairs, Communication, and Sustainability PT Coca-Cola Indonesia, Triyono Prijosoesilo dan Marketing Communication Head of CGV Cinemas, Mandati Putri. (Urbanasia)

“Botol-botol plastik yang kita gunakan bukanlah sampah dan masih memiliki nilai,” imbuhnya. 

Menurut Triyono, CGV dipilih sebagai mitra karena memiliki basis penonton yang loyal dan jaringan bioskop yang luas di seluruh Indonesia. 

Data dari Gabungan Pemilik Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) memberikan gambaran menjanjikan mengenai peluang untuk mendorong sejumlah program edukasi dan peningkatan kesadaran langsung di sumbernya. 

Dengan meningkatnya jumlah penonton film di Indonesia yang mencapai 54,07 juta pada tahun 2022, bioskop menjadi media yang ampuh dalam menciptakan kesadaran yang berdampak.

“Dengan adanya inisiatif Coca-Cola ‘Reborn Area’ ini akan membantu kami dalam upaya untuk terus mengedukasi masyarakat dalam memilah dan membuang sampah pada tempatnya,” kata Marketing Communication Head of CGV Cinemas, Mandati Putri.

Dengan setiap pembelian 2 botol Coca-Cola dan 1 popcorn CGV disertai dengan mengunggah foto dan tag akun Instagram @cocacola_id dan @cgv.id, maka konsumen akan berkesempatan untuk mendapatkan merchandise khusus. 

Coca-Cola ‘Reborn Area’ akan hadir di CGV Cinemas Grand Indonesia, Central Park, Pacific Place, FX Sudirman dan Aeon Mall JGC. 

Coca-Cola menyediakan 2 kotak pengumpulan kemasan botol plastik bekas pakai (drop box) di setiap lokasinya selama periode Desember 2023 - Maret 2024. 

Botol plastik PET bekas pakai yang telah terkumpul melalui program ini akan digunakan sebagai bahan baku yang kemudian dikirimkan oleh Yayasan Mahija Parahita Nusantara ke fasilitas daur ulang Amandina Bumi Nusantara. 

Kedua entitas itu didirikan oleh Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP) bersama Dynapack Asia.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait