beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Pagar Pembatas JIS Roboh, Anies: Semangat Jakmania Tinggi

Ahmad Sidik, 25 Juli 2022 15.57.33
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pagar Pembatas JIS Roboh, Anies: Semangat Jakmania Tinggi
Image: pagar pembatas tribun utara penonton di Jakarta International Stadium (JIS) yang roboh (Foto: Antara)

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan semangat para penonton tinggi sehingga pagar pembatas tribun utara penonton di Jakarta International Stadium (JIS) roboh di malam peresmiannya, Minggu (24/7). 

"Soal pagar, saya rasa tadi semangatnya luar biasa tinggi dan ini adalah kali pertama semua digunakan," kata Anies saat konferensi pers JIS, Minggu.

Sebagai infomasi, pagar pembatas itu roboh setelah penampilan band Dewa 19 sekitar pukul 17.42 WIB dalam grand launching JIS.

Selain itu, grand launching JIS juga dimeriahkan dengan laga persahabatan antara Persija melawan Chonburi FC, klub liga 1 dari Thailand, yang berakhir imbang 3-3.

Menurut Anies, pagar pembatas tersebut roboh lantaran Jakmania (penggemar Persija) sangat bersemangat menyaksikan grand launching, di hari pertama penggunaan JIS.

Di sisi lain, Ketua Umum The Jakmania Dicky Sumarno meminta PT Jakarta Propertindo (Perseroda) melakukan evaluasi dan persiapan matang terkait keamanan penonton di dalam JIS.

Lebih lanjut, Dicky bersyukur insiden robohnya pagar salah satu bagian tribun penonton di stadion tersebut terjadi saat peresmian JIS, bukan saat berlangsung pertandingan liga.

Sebab, kata dia, apabila kejadian itu terjadi pada saat liga bergulir, Persija Jakarta pasti didenda.

"Untung pas peresmian, bukan pas liga mulai. Kalau enggak (saat peresmian) Persija pasti sudah didenda segala macem kan," kata Dicky.

Dicky membandingkan kondisi JIS dengan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang sudah memiliki fasilitas keamanan lebih lengkap untuk keamanan suporter (penonton).

"Artinya, banyak hal yang harus disiapkan, kalau di tempat lain, katakanlah di GBK sudah ada 'stagger' buat 'capo'-nya nyanyi segala macem. Kalau di sini (JIS) kan belum ada," ujar Dicky.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait