URnews

Pesan Jokowi di Hari Pers Nasional 2023: Media Harus Pertahankan Kebenaran

Urbanasia, Kamis, 9 Februari 2023 16.50 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pesan Jokowi di Hari Pers Nasional 2023: Media Harus Pertahankan Kebenaran
Image: Presiden Jokowi di puncak peringatan HPN 2023 di Sumatera Utara, Kamis (9/2/2023). (Dok. Setkab)

Medan - Presiden Joko Widodo hadir dan memberikan pidato pada Puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2023 yang digelar di Gedung Serbaguna Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Kamis (9/2/2023). 

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi turut memberikan pesan kepada insan pers dan media di seluruh Indonesia. Salah satu pesannya adalah agar media arus utama mampu mempertahankan kebenaran.

“Insan media arus utama, media mainstream justru sangat dibutuhkan untuk menjadi rumah penjernih informasi,” kata Jokowi. 

Pesan itu ia sampaikan di tengah derasnya arus informasi seiring dengan kemajuan teknologi dan media sosial. 

Sehingga, kata dia, sangat penting media menjadi clearing house of information, menyajikan informasi yang terverifikasi, dan menjalankan peran sebagai communication of hope yang memberi harapan kepada masyarakat. 

Menurut Jokowi, peran utama media saat ini semakin penting untuk mengamplifikasi kebenaran dan menyingkap fakta, terutama di tengah keganasan post-truth, pascafakta dan pascakebenaran.

“Media arus utama diharapkan mampu menjaga dan mempertahankan misinya untuk mencari kebenaran dan membangun optimisme,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Jokowi meminta semua pihak baik pada lembaga pemerintah pusat dan daerah, badan usaha milik negara (BUMN), perusahaan swasta, hingga lembaga swadaya masyarakat untuk mendukung keberadaan media arus utama. 

Menurutnya, media massa tidak dapat berjalan sendiri. Media, kata dia juga harus melakukan inovasi dan adaptif terhadap perkembangan teknologi. 

“Namun, media massa tidak boleh dibiarkan berjalan sendiri. Pemerintah dan semua pemangku kepentingan harus memberikan dukungan,” jelasnya.

Memasuki tahun politik, Jokowi juga berpesan agar media massa dapat tetap berpegang teguh pada idealisme, objektif, serta tidak tergelincir dalam polarisasi. 

Menurutnya, media harus mendorong pelaksanaan pemilu 2024 supaya berjalan jujur dan adil, serta meneguhkan persatuan Indonesia.

“Media massa harus tetap menjadi pilar demokrasi yang keempat dan menjadi referensi utama bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi,” tandasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait