URnews

Polda Metro Berencana Terapkan 'Car Free Day' dalam Markas Tiap Jumat

Tim Urbanasia, Kamis, 2 Maret 2023 08.31 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Polda Metro Berencana Terapkan 'Car Free Day' dalam Markas Tiap Jumat
Image: Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko (Instagram/@poldametrojaya)

Jakarta - Polda Metro Jaya berencana menjalankan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) setiap hari Jumat di area Polda Metro Jaya. Rencananya, car free day ini akan dimulai Jumat (3/3/2023).

Informasi tersebut disampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko. Ia mengajak seluruh personel Polda Metro untuk menggunakan transportasi umum.

"Pada hari Jumat ini, tepatnya tanggal 3 Maret 2023 akan diterapkan car free day di lingkungan Polda Metro Jaya, terutama kepada internal untuk mengurangi kendaraan yang masuk ke wilayah area di Polda Metro Jaya," kata Trunoyudo, Rabu (1/3/2023).

Trunoyudo menambahkan, dalam aturan HBKB itu akan tetap ada pengecualian. Hal itu berkaitan dengan operasional mobil dinas di lingkungan Polda Metro Jaya.

"Ini masih diperbolehkan," sambungnya.

Menurut Trunoyudo, program 'car free day' ini diadakan untuk menerapkan hutan kota, mengurangi polusi udara, serta mendukung gerakan seribu langkah sehari.

Tak hanya anggota internal Polda Metro Jaya, Trunoyudo turut mengajak masyarakat untuk mulai memanfaatkan moda transportasi umum yang tersedia.

"Tentunya kami mohon dukungan terkait car free day yang ada di Polda Metro Jaya," tuturnya.

Sementara itu, untuk pelayanan cek fisik kendaraan roda dua dan roda empat masih dibuka namun dibatasi jumlahnya.

"Dibatasi pada satu hari untuk motor ada 300, untuk mobil ada 200," ujar Trunoyudo.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya telah menerapkan uji coba HBKB itu pada Sabtu (25/3/2023). Akses ke Polda Metro Jaya itu ditutup sejak pukul 06.00-11.00 WIB.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait