URnews

Ragam Fasilitas Ini Bisa Dimanfaatkan UKM untuk Tingkatkan Penjualan

Urbanasia, Jumat, 14 April 2023 13.50 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ragam Fasilitas Ini Bisa Dimanfaatkan UKM untuk Tingkatkan Penjualan
Image: Host live selling menjadi salah satu fasilitas yang disediakan Ninja Xpress. (Istimewa)

Jakarta - Tingginya daya beli masyarakat pada saat Ramadan menjadi peluang untuk meningkatkan penjualan produk.

Sebagai penyedia jasa pengiriman logistik, Ninja Xpress mendukung pelaku UKM dalam pengiriman barang dan peningkatan penjualan selama Ramadan. 

Hal ini diwujudkan melalui beberapa strategi salah satunya melalui penyediaan fasilitas live selling bagi UKM/shipper Ninja Xpress.

Chief Marketing Officer Ninja Xpress, Andi Djoewarsa menuturkan, Ramadan merupakan momentum bagi pelaku UKM untuk meningkatkan penjualan produk. 

“Tingginya daya beli masyarakat saat Ramadan menjadi peluang yang tidak boleh terlewatkan,” kata dia dalam Media Gathering dan Buka Puasa Bersama Ninja Xpress, Kamis (13/4/2023). 

Peningkatan penjualan selama Ramadan diperkuat dengan survei Meta dan YouGov. Disebutkan 62% pembeli berbelanja lebih banyak selama periode Ramadan tahun 2022, angka naik dari 48% di tahun sebelumnya. 

Adapun puncak momen belanja ini biasanya terjadi di tujuh hari terakhir Ramadan. Ramadan juga dianggap sebagai periode periode paling signifikan untuk meningkatkan gross merchandise value (GMV). 

Oleh karena itu, untuk memastikan transaksi jual beli berlangsung dengan baik, customer service Ninja Xpress beroperasi setiap hari dengan jam operasional 08.00-23.00 melalui email, telfon, live chat, hingga media sosial.

Sejalan dengan hal tersebut, dalam ‘Navigating Ramadan with Digital 2023’ yang dirilis Google dipaparkan bahwa platform digital juga berperan dalam hal menentukan pilihan belanja. 

Selain itu, penggunaan platform digital oleh masyarakat Indonesia terus berkembang selama Ramadan. Survei Tren Perilaku Belanja Online Sambut Ramadan 2023 yang dirilis Snapcart juga menyebutkan bahwa keseruan livestream/live selling masuk dalam empat besar alasan responden tertarik berbelanja online selama Ramadan. 

Ninja Xpress pun turut berperan mensukseskan live selling yang dilakukan shipper. Hal ini dilakukan melalui fasilitas iklan yang memastikan lebih dari 700 penonton menyaksikan live selling yang dilakukan shipper. 

Disiapkan pula kreatif konten sepanjang live selling, penyediaan talent atau host profesional terlatih, studio live selling milik Ninja Xpress di Jakarta, hingga layanan foto dan video produk melalui creative hub dengan tema ‘Eid Meet Classical Green White’.

Fasilitas endorsement juga disiapkan dengan menggaet sejumlah KOL, seperti Gemi Febriansyah, Nathania Khow, Michelle Lora, Mayang Putri, dan Amini.

“Kami berharap, dengan adanya fasilitas live selling, jam operasional dan fitur lainnya dari Ninja Xpress dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para shipper kami sehingga dapat membantu mereka untuk memaksimalkan momentum Ramadan menjelang hari raya untuk meningkatkan penjualan,” kata Andi. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait