URnews

Semarang dan Jakarta Masuk 3 Besar Kota Paling Cepat Tenggelam di Dunia

Urbanasia, Selasa, 21 Maret 2023 12.30 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Semarang dan Jakarta Masuk 3 Besar Kota Paling Cepat Tenggelam di Dunia
Image: Kota Lama Semarang. (Badan Otorita Borobudur)

Jakarta - Semarang dan Jakarta masuk ke dalam tiga besar kota di dunia yang cepat tenggelam berdasarkan jurnal Geophysical Research Letters.

Melansir QZ, Selasa (21/3/2023), para peneliti dalam jurnal itu menemukan 99 kota di dunia yang saat ini rentan tenggelam. Sebanyak 33 kota di antaranya mengalami penurunan tanah lebih dari 1 sentimeter per tahun. 

Kota pertama yang paling mudah tenggelam adalah Tianjin, Cina. Kota ini mengalami penurunan tanah sebesar 5,22 sentimeter per tahun. 

Semarang, Jawa Tengah masuk ke urutan kedua dengan penurunan tanah sebesar 3,96 sentimeter per tahun. Sedangkan posisi ketiga adalah Jakarta yang disebut mengalami penurunan sebanyak 3,44 sentimeter per tahun. 

Sementara Shanghai, Cina di urutan keempat dengan penurunan 2,94 CM. Lalu yang kelima ada pada Ho Chi Minh City dengan penurunan 2,81 CM.

Penurunan sendiri merupakan intensitas tanah yang mengendap dan menjadi padat berdasarkan perubahan material di bawah permukaan bumi. 

Penurunan ini menyebabkan tanah di sebagian besar kota-kota tenggelam tenggelam beberapa milimeter per tahun.

Menurut para peneliti, menghitung kenaikan permukaan laut tidak cukup untuk memprediksi intensitas serta adanya banjir yang akan menenggelamkan kota.

Perlu adanya dinding banjir serta beberapa kebijakan yang dilakukan agar air tidak mengalir ke tanah dan menenggelamkan kota.

Lebih jauh, penelitian ini juga menemukan bahwa penggunaan pemompaan air tanah adalah penyebab utama penurunan muka air di kota-kota di seluruh dunia. 

Seperti contoh tempat-tempat yang memiliki aktivitas industri cenderung lebih cepat tenggelam karena menggunakan air tanah yang berlebihan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait